alexametrics
Piala Sudirman 2021

Mudah Kalahkan No 1 Indonesia, Andalan Malaysia: Dia Banyak Kesalahan

4 Oktober 2021, 20:58:25 WIB

JawaPos.com-Malaysia menciptakan kejutan pada Piala Sudirman 2021. Malaysia melaju ke semifinal dengan mengalahkan Indonesia pada laga perempat final di Energia Areena, Vantaa, Finlandia.

Malaysia menyingkirkan Indonesia dengan skor tipis 3-2. Sementara itu, pada semifinal, penampilan Malaysia anti-klimaks. Mereka dibungkam Jepang dengan skor telak 1-3. Meskipun kalah, namun penampilan tunggal putra Malaysia Lee Zii Jia mencuri perhatian.

Pada perempat final, Lee mengalahkan tunggal nomor satu Indonesia dan peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 Anthony Sinisuka Ginting. Lee menang dalam dua game mudah dengan skor 21-11 dan 21-16.

Sedangkan pada semifinal, penampilan Lee juga impresif. Dia membekap tunggal putra nomor satu dunia Kento Momota juga dalam straight game dengan skor 22-20 dan 21-19.

Kemenangan di semifinal itu adalah pembalasan Lee atas kekalahan di babak penyisihan Grup D. Ketika itu, Momota membekap Lee dalam straight game dengan skor meyakinkan 21-18 dan 21-10.

Lee mengatakan bahwa dia sangat bahagia bisa mengalahkan Ginting.

“Kemenangan ini penting bagi saya untuk meningkatkan kepercayaan diri. Pertandingan di turnamen ini sangat baik karena dalam dua bulan saya tidak bertanding,” ucap Lee dalam wawancara dengan BWF setelah pertandingan.

“Bagi saya, Ginting tidak memberikan penampilan terbaik. Dia banyak sekali melakukan kesalahan. Sedangkan saya tidak mengulangi kesalahan seperti kekalahan melawan Kento Momota. Saya bahagia bisa mengalahkan dia,” tambah pemain nomor delapan dunia itu.

Lee juga menolak anggapan dan penyataan publik Malaysia yang membandingkannya dengan salah seorang legenda terbesar negeri itu, Lee Chong Wei.

“Saya punya cerita berbeda dengan Lee Chong Wei. Saya Lee Zii Jia. Kami berbeda. Di sisi lain, Olimpiade Tokyo mengajarkan banyak hal kepada saya. Saya bisa belajar dari pemain seperti Chen Long dan Viktor Axelsen bagaimana cara untuk mengatasi tekanan,” tandasnya.

Sementara itu, menyoal kemenangan atas Momota pada semifinal, Lee mengatakan bahwa dia mendapatkan dampak sangat positif. Terutama dalam sisi permainan.

“Secara mental, pertandingan ini benar-benar menguji saya. Apalagi, kepercayaan diri Momota sudah kembali,” ucap Lee.

“Saya bahagia karena saya tidak menyerah dalam setiap pukulan. Saya memberikan semua yang saya bisa. Saya bisa meningkatkan fokus dan itulah yang penting bagi saya,” tambahnya.

Sementara itu, Momota juga memberikan alasan mengapa dia akhirnya ditumbangkan oleh Lee.

“Melawan dia, saya tidak bisa meningkatkan kecepatan. Ini adalah laga yang berat bagi saya. Jadi itulah yang menyebabkan saya kalah dalam pertandingan ini,” ucap Momota.

Editor : Ainur Rohman




Close Ads