Lawan Jordania, Timnas Indonesia Istirahatkan Point Guard Utama

4 Juli 2022, 20:09:03 WIB

JawaPos.com-Pertandingan kontra Jordania menjadi laga terakhir timnas basket Indonesia di kualifikasi FIBA World Cup 2023 Zona Asia grup C. Duel kedua tim bakal berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, malam ini (4/7).

Lantaran selalu kalah, Indonesia sudah tidak memiliki peluang untuk lolos ke FIBA World Cup 2023 melalui jalur kualifikasi. Karena itu, pertandingan melawan Jordania bakal dimanfaatkan untuk mengetes kemampuan para pemain.

Perjuangan sesungguhnya timnas basket adalah di FIBA Asia Cup 2022 pada 12–24 Juli. Pasukan Merah Putih wajib tembus 8 besar agar tidak hanya menjadi penonton di FIBA World Cup.

Pelatih tim nasional basket putra Indonesia Rajko Toroman memastikan bakal mengistirahatkan point guard utama Andakara Prastawa Dhyaksa.

Mengapa demikian? Juru racik yang akrab disapa Coach Toro itu menyebutkan, pemain Pelita Jaya Bakrie Jakarta tersebut sebetulnya sedang dalam kondisi baik.

Namun, ada rasa nyeri pasca pertandingan melawan Arab Saudi pada 1 Juli. ”Ya, target kami FIBA Asia Cup. Tiga tahun program dan tiga tahun latihan untuk kejuaraan tersebut,’’ katanya kemarin.

Pelatih berusia 67 tahun itu menilai laga malam nanti cukup berat bagi timnya. Terlebih kondisi beberapa pemain mengalami cedera ringan. Namun, Toro senang para pemainnya menunjukkan karakter dan spirit dalam pertandingan sebelumnya.

Untuk posisi Prastawa, ada beberapa pemain yang bisa diandalkan. Di antaranya, Yudha Saputera, Widyanta Putra Teja, Muhammad Arighi, hingga Agassi Goantara.

Selain Abraham, pelatih asal Serbia itu juga berencana memasukkan nama Marques Bolden ke dalam line-up. Dia berharap bisa memberi Bolden waktu bermain terbatas menghadapi Jordania.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c6/bas

Saksikan video menarik berikut ini: