alexametrics

Meskipun Kalah Ranking, Indonesia Tak Minder Lawan Venezuela

4 Maret 2022, 22:27:00 WIB

JawaPos.com-Tim Piala Davis Indonesia menjalani laga playoff grup II versus Venezuela hari ini (4/3) dan besok (5/3) di Stadion Tenis Gelora Bung Karno. Partai itu akan menentukan Indonesia atau Venezuela yang turun ke grup III.

Berdasar drawing kemarin (3/3), petenis tunggal nomor satu Indonesia M. Rifqi Fitriadi bakal menghadapi single kedua tim tamu Francesco Lamas Villarroel.

Christopher Rungkat ditantang David Luiz Martinez di pertarungan single kedua.

Nonplaying captain Merah Putih Febi Widhiyanto menilai, hasil undian itu tidak begitu jauh dari perkiraan. Hanya, penempatan Villaroel yang masih berusia 18 tahun sebagai single kedua di luar prediksi.

”Sebelumnya, saya pikir yang main itu single pertama dan kedua. Ternyata hari ini (kemarin, Red) ada perubahan yang main itu single kedua dan ketiga. Tapi, komposisinya masih sama,” ujar Febi.

Menghadapi petenis muda menjadi tantangan tersendiri bagi pasukannya. Sebab, dia belum melihat permainan lawan seperti apa. Karena itu, Febi tidak bisa membaca permainan lawan. ”Tapi, kita motivasi anak-anak supaya lebih fight lagi,” kata Febi.

Secara peringkat, Indonesia menempati ranking ke-65. Atau di bawah Venezuela yang berada di posisi ke-57. Namun, Febi menegaskan, di pertandingan seperti ini, ranking tidak berpengaruh besar.

”Kalau di permainan sama. Detailnya di lapangan. Kami punya kans buat menang. Bergantung strategi untuk menang,” jelasnya.

Selain itu, kondisi fisik pasukannya tentu saja lebih baik ketimbang lawan yang harus menempuh perjalanan panjang untuk bisa sampai di tanah air. Selain itu, total pemain yang diturunkan lebih unggul. Indonesia menurunkan empat petenis, sedangkan Venezuela hanya diperkuat tiga pemain.

”Persiapan kami juga sudah sebulan–dua bulan terakhir. Jadi, tidak ada masalah,” ungkap Febi. Febi berharap pemain bisa menghadapi tekanan menjalani partai lima set.

Sementara itu, Christopher Rungkat menuturkan bahwa format baru yang diterapkan ini memberikan kesempatan yang bagus untuk pemain muda bisa lebih mengenal dan bertemu petenis baru.

”Sebelumnya kan lawan Oseania. Jadi, dibukanya regional bagus untuk kesempatan pemain baru,” kata Christo, sapaan Christopher Rungkat.

Di sisi lain, kapten Venezuela Maurice Ruah menyatakan bahwa timnya siap dan menganggap pertandingan melawan Indonesia sebagai partai yang bagus. ”Semoga ke depannya (format) bisa terus membaik secara keseluruhan,” tutur Ruah.

Jumat (4/3)
Single: M. Rifqi Fitriadi vs Francesco Lamas Villarroel
Single: Christopher Rungkat vs David Luiz Martinez

Sabtu (5/3)
Double: A. Imam Ma’ruf-M. Althaf Daifullah vs David Luiz Martinez-J.M. Abreu
Single: M. Rifqi Fitriadi vs David Luiz Martinez
Single: Christopher Rungkat vs Francesco Lamas Villarroel

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c14/dra

Saksikan video menarik berikut ini: