Pembukaan Porprov VIII 2023 Berlangsung di Sidoarjo

3 Desember 2022, 18:51:11 WIB

JawaPos.com-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur telah menetapkan pembagian venue di keempat daerah tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII 2023.

Ketetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Ketum KONI Jatim Nomor 426/SK.84/601.1/2022 tanggal 14 November 2022.

Hasilnya, Kabupaten Sidoarjo menjadi tuan rumah paling sibuk. Sebab, akan ada 22 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Kota Udang dan Bandeng tersebut.

Di antaranya ada sepak bola, atletik, voli indoor, voli pantai, bulu tangkis, dan futsal. Sedangkan 30 cabor lain dibagi rata di tiga daerah tuan rumah lainnya, yaitu Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, dan Kabupaten Jombang.

’’Kami melihat sarana yang tersedia dan juga kelayakannya. Termasuk terkait dengan akomodasi. Kenapa Sidoarjo banyak? Karena akomodasinya juga cukup. Sedangkan tiga daerah lain kami beri 10 cabor karena venue dan akomodasinya terbatas,’’ jelas Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jatim Dudi Harjantoro.

Selain venue 52 cabor, KONI Jatim telah menetapkan tuan rumah untuk upacara pembukaan dan penutupan. Sidoarjo dipercaya menyelenggarakan pembukaan, sedangkan penutupan digelar di Kabupaten Mojokerto.

’’Itu berkaitan dengan kelayakan stadion dan permintaan dari kepala daerah,’’ ungkapnya.

Selanjutnya, lanjut Dudi, hasil pembagian venue tersebut akan dibahas dengan technical delegate (TD) masing-masing cabor. Setiap TD akan meninjau lokasi yang sudah ditentukan dan mempersiapkan segala kebutuhan untuk pertandingan.

Meski begitu, sampai saat ini belum ditentukan secara pasti tanggal pelaksanaan Porprov Jatim VIII 2023. Nantinya hal itu diputuskan gubernur. ’’Apakah pada Juni-Juli atau September yang bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional,’’ ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ka/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads