alexametrics
SEA Games 2019

Verstappen Kunci Podium Terakhir, Ferrari Keluar Tiga Besar Sejak 2016

3 Desember 2019, 07:30:31 WIB

JawaPos.com – Seperti prediksi awal, keunggulan 11 poin Max Verstappen (Red Bull-Honda) atas Charles Leclerc (Ferrari) dalam persaingan perebutan posisi ketiga klasemen pembalap memang sulit dikejar. Alih-alih Leclerc memburu ketertinggalan poin, pada GP Abu Dhabi kemarin malam (2/12), Verstappen malah sukses menambah keunggulan poin sekaligus menyegel podium terakhir dalam perebutan gelar juara Formula 1 2019.

Verstappen finis kedua di Sirkuit Yas Marina setelah berduel ketat dengan Leclerc di awal dan menjelang akhir lomba. Leclerc sempat menyalip Verstappen di lap pembuka dan merebut posisi kedua. Kalaupun Leclerc berhasil mempertahankan posisi tersebut hingga finis, poin yang diraihnya belum cukup untuk menggeser posisi Verstappen di klasemen pembalap.

Dan yang terjadi justru sebaliknya. Lagi-lagi, dengan strategi tepat, Verstappen berhasil menyalip kembali Leclerc di tikungan 8 pada lap ke-32. Setelah itu, Verstappen berhasil menjaga jarak dan tak bisa dikejar lagi oleh pembalap Monako tersebut. Padahal, Leclerc sudah memutuskan melakukan pit stop kedua dengan mengganti ban soft pada lap ke-39.

Dengan demikian, Verstappen mengumpulkan total 278 poin pada akhir musim. Sementara itu, Leclerc 264 poin. Leclerc akhirnya harus puas hanya bercokol di posisi keempat klasemen terakhir pembalap. Artinya, untuk kali pertama pembalap Ferrari gagal finis di posisi tiga besar sejak 2016.

’’Memastikan finis di posisi ketiga membuat akhir musim ini menyenangkan,’’ ucap Verstappen sebagaimana dilansir Motorsport.

Pembalap Belanda itu patut bahagia. Hasil yang diraih sepanjang 2019 menjadi torehan terbaiknya sepanjang enam musim berkarir di balapan jet darat itu. Total dia mengumpulkan 9 podium. Terdiri atas 3 kali menang, 2 kali runner-up, dan 4 kali posisi ketiga. Sebelumnya, raihan terbaik Verstappen adalah finis di posisi keempat pada akhir musim. Yakni, tahun lalu.

Kemarin Verstappen mengunci podium kedua. Tapi, jaraknya dengan sang pemenang, Lewis Hamilton, sangat jauh. Terpaut sampai 16,772 detik. Posisi ketiga diraih Leclerc. Pembalap Monako itu finis dengan terpaut 43,435 detik dari Hamilton. ’’Lewis dan Mercedes memang sudah terlalu cepat (untuk dikejar),’’ ucap Verstappen seperti dilansir Motorsport.

Bagi Hamilton, victory di Abu Dhabi adalah yang kesebelas sepanjang tahun ini. Semakin spesial karena sehari sebelumnya pembalap Inggris itu juga baru sukses menghentikan puasa pole position dalam enam seri terakhir. ’’Ini hasil kerja keras semua anggota tim,’’ kata Hamilton.

Performa apik juga ditunjukkan rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas. Meski tak berdiri di podium, penampilan pembalap Finlandia itu dahsyat karena berhasil finis di posisi keempat. Padahal, Bottas start dari posisi buncit alias ke-20 gara-gara mendapat penalti.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c19/cak



Close Ads