Piala Sudirman 2021

Kento Momota Kalah, Duo Matsu-Matsu Kembali jadi Penyelamat Jepang

3 Oktober 2021, 01:16:06 WIB

JawaPos.com – Ganda putri Mayu Matsumoto/Misaki Matsutomo untuk kedua kalinya secara beruntun membuat Jepang bertahan di Piala Sudirman 2021. Setelah menyudahi perlawanan Taiwan hingga agregat berakhir 3-1 di babak perempat final, duet Matsu-Matsu kali ini meloloskan Jepang ke laga puncak usai mengandaskan pasangan Malaysia Pearly Tan/Thinaah Muralitharan di babak semifinal dengan skor 21-19 dan 21-17.

Sama seperti hari sebelumnya, kemenangan Mayu/Misaki membuat Jepang unggul 3-1 atas Negeri Jiran.

Jepang lebih dulu unggul 2-0 setelah pasangan ganda putra Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan jagoan tunggal putri Akane Yamaguchi menyegel kemenangan meyakinkan atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik, dan Kisona Selvaduray.

Di laga ketiga, Kento Momota gagal membawa Jepang menyapu bersih kemenangan usai dikalahkan Lee Zii Jia. Sempat tampil meyakinkan di awal-awal gim pertama, Momota mendadak ditekan hebat oleh Zii Jia yang ia kalahkan di fase grup D beberapa hari lalu.

Tak mampu membendung permainan eksplosif Zii Jia, Momota akhirnya kalah dalam dua gim 20-22 dan 19-21.

Kalahnya Momota membuat laga keempat harus dimainkan. Jepang pun kembali menurunkan Mayu/Misaki yang baru saja dipasangkan untuk pertama kali satu hari sebelumnya.

Sama seperti di laga perempat final melawan Taiwan, harus digarisbawahi bahwa Mayu/Misaki masih belum solid sebagai pasangan baru.

Beberapa miskomunikasi kerap terjadi yang membuat keduanya kehilangan poin. Di separuh laga awal, Mayu pun juga terlihat tegang yang kemudian dapat dimanfaatkan Pearly/Thinaah untuk mengonversi poin.

Namun, jam terbang Misaki dan kualitasnya sebagai peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 bersama Ayaka Takahashi berhasil menjadi pembeda dalam laga ini.

Tampil agresif di depan net didukung dengan defense-nya yang rapat terbukti bisa membuat repot Pearly/Thinaah yang secara chemistry sudah jauh lebih padu.

Penampilan apik Misaki pun akhirnya ikut mempermudah Mayu dalam memberikan smes-smes tajam yang tak mampu dikembalikan pasangan Malaysia.

Kemenangan ini membuat Jepang berhak menantang Tiongkok di partai final yang akan bergulir Minggu (3/10) hari ini pukul 17.00 WIB. Tiongkok sebelumnya sudah lebih dulu lolos setelah tanpa kesulitan berarti mengandaskan Korea 3-0.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini: