alexametrics

Kyrie Irving belum Berhenti Jadi Headline Banyak Media Amerika Serikat

3 Agustus 2022, 20:29:21 WIB

JawaPos.com-Pebasket Kyrie Irving belum berhenti menjadi headline berbagai media Amerika Serikat (AS) pada masa off-season NBA kali ini.

Sebulan terakhir, rumor kepergiannya dari Brooklyn Nets memanas. Kini, dia membuat statement yang viral lagi. Point guard 30 tahun itu terang-terangan ingin pergi dari kompetisi NBA.

Pemain yang membawa Cleveland Cavaliers juara pada 2016 itu menyatakan, dari dulu dia punya keinginan untuk membantu pebasket-pebasket muda mengembangkan diri.

Dan itu bukan hanya di AS. Untuk mewujudkan itu, dia berjanji akan bermain basket di liga-liga profesional basket lain di berbagai penjuru dunia.

’’Mungkin itu saat usiaku 38 tahun nanti,’’ ucap Irving dilansir Marca. ’’Di usia itu, aku masih tidak ada rencana pensiun. Aku ingin bermain basket selama mungkin. Aku akan berada di berbagai liga basket dunia untuk mengajari para pebasket muda. Aku akan biarkan mereka belajar semuanya dari diriku,’’ tambah mantan pemain Boston Celtics tersebut.

Saat NBA memulai liga musim 2022–2023 78 hari lagi, pemain yang sudah masuk skuad NBA All-Star tujuh kali tersebut memasuki musim ke-12-nya di NBA. Irving menyebutkan, dirinya masih semangat bertanding seperti di tahun-tahun pertama tampil di NBA.

’’Sudah 12 tahun saya berada di liga basket terbaik di dunia ini. Aku tidak berharap lebih. Aku hanya ingin menjadi pemain yang semakin baik dari waktu ke waktu,’’ ucap Irving.

Irving bukan satu-satunya bintang NBA yang punya wacana berkarier di liga basket lain. Rekan setim Irving, Kevin Durant, juga pernah berujar hal yang sama.

Pada 2019, dalam wawancara dengan Bleacherreport, MVP NBA 2014 itu menyebut punya rencana tampil di liga basket profesional Spanyol bersama tim Barcelona sebelum dirinya nanti pensiun.

’’Aku sangat ingin bermain di luar negeri pada tahun terakhirku aktif sebagai pemain profesional,’’ ucap Durant.

’’FC Barcelona. Aku ingin bermain untuk mereka. Itu (liga basket profesional Spanyol) liga basket terbaik kedua di dunia. Dan bermain di Euroleague, tampaknya, juga menyenangkan,’’ tambah pemain yang membawa Golden State Warriors juara NBA back-to-back pada 2017 dan 2018 tersebut.

Salah seorang pemain FC Barcelona saat ini, Nikola Mirotic, juga sempat langsung memanas-manasi angan-angan Durant tersebut. Pemain yang juga pernah tampil di NBA bersama Chicago Bulls, New Orleans Pelicans, dan Milwaukee Bucks itu mengoceh di Twitter.

’’Itu hanya akan tetap menjadi mimpi gila sampai kamu benar-benar melakukannya,’’ cuit pemain asal Montenegro tersebut sambil menulis inisial Durant, KD, di akhir cuitan.

Keputusan bintang-bintang NBA tampil di luar negeri pada usia senior bukan hal baru. Beberapa pemain sudah melakukan hal itu. Di antaranya, legenda Bulls Scottie Pippen.

Pada 2008, pemain yang membawa Chicago Bulls juara NBA enam kali bersama Michael Jordan itu sempat come back bermain di Eropa pada usia 42 tahun.

Saat itu dia membela dua tim berbeda, yakni Torpan Pojat (Finlandia) dan Sundsvall Dragons (Swedia). Mantan bintang Philadelphia 76ers Allen Iverson juga sempat tampil di liga basket Turki bersama tim Besiktas di 2010. Itu terjadi delapan bulan setelah dirinya pergi dari NBA.

Legenda Los Angeles Lakers, Magic Johnson, juga pernah membela tim Eropa di pengujung karier profesionalnya.

Pada 1999, pemain yang membawa Lakers juara lima kali itu merapat ke tim basket Swedia Boras Basket. Setelah itu, pada 2000, dia pindah ke tim basket Denmark Magic Great Danes sebelum akhirnya memutuskan pensiun.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c12/dra

Saksikan video menarik berikut ini: