alexametrics

Juara di Amerika, Ranking Naik, Andalan Indonesia Buru Emas di Hanoi

3 Mei 2022, 09:29:48 WIB

JawaPos.com-Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi mendapat modal berharga menjelang tampil di SEA Games 2021/Vietnam yang berlangsung pada 12–23 Mei mendatang.

Pada 1 Mei lalu, petenis Jawa Timur itu berhasil memboyong gelar juara di kategori ganda pada turnamen ITF World Tennis Tour W100 di Charleston, Amerika Serikat.

Pada final event berhadiah total USD 100 ribu (Rp 1,5 miliar) itu, Aldila yang berpasangan dengan Katarzyna Kawa asal Polandia menang atas wakil tuan rumah Sophie Chang/Angela Kulikov. Aldila/Kawa menang straight set 6-1, 6-4 dengan durasi 59 menit.

Di laga final itu, Aldila menilai permainan keduanya begitu solid dengan serangan tajam dan pertahanan rapat. ’’Meski nyaris kecolongan di set kedua,’’ katanya kemarin.

Di nomor ganda yang diikutinya bersama Kawa, keduanya tampil impresif. Sejak babak 16 besar, hanya sekali keduanya bermain tiga set. Yakni, ketika melawan petenis Rumania Irina Bara/Alexandra Cadantu Ignatik (3-6, 6-3, 10-8) di babak delapan besar.

Selebihnya, Aldila/Kawa menang dua gim saat melawan wakil Amerika Serikat Sachia Vickery/Alycia Parks di babak 16 besar (6-3, 6-2) dan menghadapi pasangan gado-gado Australia-Meksiko Olivia Tjandramulia/Marcela Zacarias (6-1, 6-0) di semifinal.

Gelar juara ganda di Charleston merupakan yang kedua bagi Aldila sepanjang tahun ini setelah titel di Bogota, Kolombia, awal bulan ini meski dengan pasangan yang berbeda.

Prestasi itu pun memberi tambahan pundi pemilik 15 gelar juara ganda tersebut sebanyak USD 2.787 atau sekitar Rp 40 juta.

Peringkat peraih medali emas Asian Games 2018 itu pun melejit di posisi ke-77 ganda dunia awal pekan depan. ’’Modal bagus untuk tampil di SEA Games Vietnam dan grand slam Roland Garros,’’ tuturnya.

Di SEA Games Vietnam, Aldila bakal turun di tiga nomor. Yakni, tunggal putri, beregu putri, dan ganda campuran. Menurut dia, meraih emas di tiga nomor itu realistis. Yang patut diwaspadai Aldila adalah nomor tunggal.

Sebab, di ITF World Tennis Tour W100 di Charleston nomor single, dia takluk oleh atlet Vietnam Chanelle Van Nguyen (0-6, 4-6) di babak kualifikasi. Di SEA Games nanti, keduanya sangat mungkin kembali bertarung.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c18/dra

Saksikan video menarik berikut ini: