alexametrics

Mantan Pelatih Republik Irlandia untuk Sementara Besut Tunggal Putra

3 April 2020, 08:37:58 WIB

JawaPos.com-Pelatih kepala tunggal putra bulu tangkis Indonesia Hendri Saputra memang sudah dinyatakan negatif Covid- 19. Hasil swab test menunjukkan bahwa Hendri tidak terpapar virus SARS-CoV-2. Meski sudah pulang ke rumah, dia harus menjalani pemulihan dan isolasi.

Belum bisa dipastikan kapan Hendri aktif melatih kembali. Padahal, rencananya, pelatnas Cipayung digelar kembali pada 12 April. ’’Tapi, kami masih akan melihat perkembangan lebih lanjut (terkait dengan status Covid-19),’’ ungkap Sekjen PP PBSI Achmad Budiharto saat dihubungi Jawa Pos kemarin (2/4).

PP PBSI juga menyiapkan langkah antisipatif apabila pelatnas digelar pada 12 April. Pemain tunggal putra sementara akan dipimpin Irwansyah. Selama ini, Irwansyah merupakan asisten pelatih tunggal putra.

Berbagai inovasi dalam latihan tentu harus dilakukan. Terlebih, nomor tunggal putra memiliki pekerjaan rumah yang sangat besar. Hal itu tak terlepas dari hasil buruk saat All England pada 11 sampai 15 Maret lalu. Dua atlet andalan tanah air, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, gugur di babak pertama.

Jojo-sapaan akrab Jonatan Christie-takluk oleh tunggal nomor satu Malaysia Lee Zii Jia dengan straight game (15-21, 13-21). Sementara itu, Ginting kandas dari tunggal asal Denmark Rasmus Gemke, juga dengan straight game (14-21, 18-21).

Gemke jugalah yang menghentikan tunggal Indonesia lainnya, Shesar Hiren Rhustavito, pada babak 16 besar dengan rubber game (21-18, 13-21, 19-21).

Hanya mencapai babak 16 besar tentu saja menjadi pukulan tersendiri bagi tunggal putra. Padahal, kans merebut gelar di ajang tertua itu cukup terbuka. Sebab, pemain nomor satu dunia Kento Momota tidak ikut turnamen karena masih menjalani masa pemulihan setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Malaysia.

Saat ini, Indonesia memiliki sembilan pemain tunggal putra di pelatnas. Di antara sembilan pemain itu, ada tiga pemain yang masuk 20 besar dunia. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (ranking 6), Jonatan Christie (ranking 7), dan Shesar Hiren Rhustavito (ranking 18).

Pemain pelatnas lainnya, rankingnya terpaut cukup jauh. Misalnya Chico Aura Dwi Wardoyo (ranking 75), Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (ranking 92), dan Firman Abdul Kholik (ranking 125).

Mau tidak mau pelatnas Cipayung harus segera digelar. Salah satu event besar yang akan dihadapi adalah Piala Thomas 2020 yang akan diadakan pertengahan Agustus. Tunggal putra tentu saja menjadi tumpuan harapan. Sebab, dalam turnamen beregu tersebut, dari lima partai, tiga di antaranya adalah tunggal.

Untuk Olimpiade, ranking Ginting dan Jojo sudah relatif aman. Apalagi Olimpiade baru akan digelar tahun depan. Ginting dan Jojo diharapkan bisa lebih konsisten lagi. Padahal keduanya punya kans untuk menjadi yang terbaik di setiap turnamen.

Budiharto meminta para pemain terus menjaga fisik sebelum kembali berlatih di pelatnas. ’’Ada yang memantau (fisik pemain),’’ ucapnya.

Irwansyah sendiri menjabat sebagai asisten pelatih tunggal putra pelatnas sejak 2016. Sebelumnya, dia menjadi pelatih di Republik Irlandia. Di sana, Irwansyah berhasil mencetak juara Eropa U-17 pertama dalam sejarah bulu tangkis negeri itu.

Irwansyah juga pernah 10 tahun menjadi pelatih di Inggris. Sebelumnya, pada 2002 sampai 2004 itu menjabat pelatih Siprus. Setelah 15 tahun berkarier di luar negeri, mantan tunggal putra nasional itu pulang ke Indonesia.

Irwansyah

Klub Semasa Bermain: PB Tangkas

Jabatan Saat Ini: Asisten pelatih tunggal putra pelatnas

Karier Melatih

2002–2004 : Siprus

2004–2014 : Inggris

2014–2016 : Republik Irlandia

2016–sekarang : Pelatnas

Prestasi Sebagai Pelatih

*Mencetak juara Eropa kelas U-17 pertama dari Irlandia di sektor tunggal putra.

*Ikut mendirikan akademi bulu tangkis di Inggris.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c19/tom



Close Ads