alexametrics
Ajak Masyarakat Sehat lewat Konsep Yang Fun

Sepuluh Ribu Pelari Meriahkan BRIlian Run

2 Desember 2019, 08:00:06 WIB

JawaPos.com – Sebuah konsep berbeda untuk ajang lomba lari yang dihadirkan lewat BRIlian Run Surabaya Series 2019 berjalan sukses kemarin (1/12). Respons positif dibuktikan dengan turut sertanya ribuan pelari yang datang ke venue di lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya sejak subuh pukul 04.00 WIB. Kompetisi tersebut diikuti total 10 ribu orang yang terbagi dalam kategori half marathon (21K), olympic distance (10K), dan fun race (5K).

Memasuki edisi keempat, BRIlian Run semakin menjadi event lari paling ditunggu. Tercatat 12 ribu orang mendaftarkan diri secara online khusus perhelatan di Surabaya. Jumlah itu akhirnya diseleksi menjadi 10 ribu orang. Peserta juga mendapat stater pack gratis. Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso menyebut animo tinggi warga Surabaya dan sekitarnya itu akan mendorong sport tourism.

”BRIlian Run diadakan dalam rangka ulang tahun BRI ke-124 tahun dengan tujuan mengajak masyarakat memiliki aktivitas yang positif. Ini adalah tahun keempat, sebelumnya pernah diadakan di Jakarta, Bogor, dan Solo. Animonya luar biasa. Di Surabaya peserta kami batasi hanya 10 ribu orang tapi pendaftar mencapai 12 ribu lebih,” ujar Sunarso.

Turut hadir dalam acara itu adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. ”Di event seperti ini peserta biasanya datang dari kota lain di sekitar Surabaya, karena bisa cari teman, senang, sekaligus sehat,” kata Emil. Ia juga menegaskan bahwa BRI merupakan mitra penting bagi Jawa Timur. Khususnya pengentasan kemiskinan di wilayah pedesaan. Emil Dardak bersama jajaran direksi BRI kemudian melepas peserta di kategori Fun Race.

Pada kategori Olympic Distance terlihat wajah familiar artis Ibnu Jamil. Laki-laki yang selama tujuh tahun terakhir menggandrungi olah raga lari itu terkesan dengan track di Surabaya yang sangat nyaman. ”Saya menikmati track lari di Surabaya. Kali ini ambil nomer 10 K aja, supaya bisa ketemu banyak teman di sini dan finish nggak terlalu siang,” ujarnya sambil tertawa. Ibnu yang menargetkan finish dalam waktu 55 menit bablas hingga menit ke-57.

Ibnu berharap BRIlian Run terus mengadakan event lari serupa di seluruh Indonesia. ”Saya yakin warga di kota lain juga menantikan untuk didatangi BRIlian Run, ajang lari gratis terbesar di Indonesia,” paparnya. Tak hanya Ibnu Jamil yang mencuri perhatian di tengah barisan pelari. Di BRIlian Run kemarin, valak, Spider-Man, monster, pun ikut lari.

Salah seorang peserta, Ahmad Soleh, memilih untuk menjadi monster. Tujuannya mengenakan kostum itu juga menarik. ”Saya ingin memberantas orang-orang yang malas olahraga, yang hanya bilang semangat tapi tidak mau lari,” ujarnya. Baginya tidak masalah menggunakan kostum cukup berat untuk mengetuk semangat peserta lain. Peserta yang datang dari Blitar itu mengambil nomer lari 10K.

SEHAT LEWAT KONSEP FUN: 10.000 pelari memeriahkan BRILian Run Surabaya Series 2019 yang diselenggarakan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam rangka ulang tahun BRI ke-124. Banyak pelari menggunakan kostum unik, salah satunya  mengenakan pakaian monster semakin menyemarakkan ajang lomba lari ini. (BRI for JawaPos.com)

BRIlian Run meninggalkan kesan sebagai kompetisi lari yang menyenangkan. Selain gratis, rapi, dapat medali dan stater pack, dan water spot setiap 2,5 km, lalu lintas event itu pun tertata. Kompetisi lari dengan tema running is free let your spirit also be itu juga membagikan hadiah lebih dari Rp 300 juta untuk pemenang kompetisi lari dan kostum terbaik. Ada juga grand prize dua unit motor.

Kemeriahan acara juga tidak lepas dari duo MC kawakan, Kamidia Radisti dan Valentino Jebret. Penampilan dari Andra And The Backbone ikut menyedot perhatian peserta. Mereka naik panggung dengan membawakan lagu pertama Jalanmu Bukan Jalanku. Dalam momen yang sama, BRI menyerahkan CSR Rp 1,15 miliar untuk tiga hal. Yaitu, revitalisasi fungsi sungai (pro planet), bedah 10 rumah menjadi layak huni (pro people), dan biaya penunjang sarana dan prasarana pendidikan.

BRI juga menggelar beberapa event dalam rangka menyambut hari jadi pada 16 Desember. Di antaranya adalah Pesta Rakyat Simpedes (PRS) di 100 kota se-Indonesia, pelatihan terhadap 10 ribu UMKM, program padat karya di 50 lokasi, konservasi 19 sungai, pembangunan masjid dan sekolah, renovasi 200 rumah tidak layak huni di seluruh Indonesia, serta BRILian Preneur UMKM Expo dan BRIFFEST (BRI Family Festival) di Jakarta Convention Center. Rangkaian BRIlian Run Series akan terus diadakan setiap tahun sebagai dedikasi untuk masyarakat Indonesia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : nad/kkn



Close Ads