alexametrics
SEA Games 2019

Patah Jari Kelingking Kiri, Tak Menyerah, Masih Bisa Raup Perak

2 Desember 2019, 21:29:05 WIB

JawaPos.com-Balap sepeda memang belum menyumbangkan emas bagi Indonesia di SEA Games 2019. Namun, apresiasi besar harus diberikan kepada pebalap downhill putri nasional Tiara Andini Prastika.

Bertanding dengan kondisi patah jari kelingking tangan kiri, pebalap asal Semarang, Jawa Tengah itu sukses meraih medali perak pada perlombaan di Tatlong Bungo, Batangas, Filipina hari ini (2/11). Tiara menjadi runner-up dengan catatan waktu 3 menit dan 16,9 detik.

Medali emas direbut atlet tuan rumah Lea Denise Belgira dengan waktu 3 menit 9 detik. Sedangkan perunggu didapatkan pembalap Thailand Vipavee Dekabales dengan waktu tiga menit 17,6 detik.

“Untuk Tiara sangat luar biasa dengan kondisi jari kelingking yang patah masih mau berlomba dan meraih medali perak,” kata manajer tim balap sepeda Indonesia Budi Saputra.

Tiara pada awalnya memang ditarget mampu meraih emas. Sebab, dia adalah pebalap berpengalaman. Namun, Tiara mengalami cedera cukup serius saat ujicoba trek.

Kondisi ini jelas membuat ofisial tim nasional balap sepeda was-was. Sebab, Tiara adalah ujung tombak dan andalan untuk mendulang emas.

Dengan gagalnya Tiara, maka peluang dua emas Indonesia dari balap sepeda melayang. Sebelumnya, pada nomor cross country dua atlet Indonesia Zaenal Fanani dan Rafika Farisi terlempar dari tiga besar.

Hasil tak bagus juga diraih di sektor putra. Popo Ario Sejati yang diharapkan meraih medali, gagal.

Justru pebalap muda Andy Prayoga yang mendulang perunggu. Untuk emas dan perak, direbut pebalap tuan rumah Filipina.

“Di nomor putra Andy Prayoga mendapatkan medali perunggu. Bukan pencapaian terbaik untuk timnas downhill. Tapi, sudah maksimal dalam perjuangan ini,” ujar  Budi.

Di sektor putra, emas dan perak direbut oleh pebalap tuan rumah. Masing-masing atas nama John Derrick Farr dengan waktu 2 menit dan 41,1 detik dan Barba Eleazar Jr dengan catatan 2 menit, 42,5 detik.

Andy sendiri mencatat waktu 2 menit dan 47,8 detik.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ANTARA



Close Ads