alexametrics

Jatim Yakin Bisa Bersaing di Piala Presiden Bulu Tangkis Edisi Perdana

2 Agustus 2022, 18:25:21 WIB

JawaPos.com-Turnamen bulu tangkis memperebutkan Piala Presiden 2022 resmi bergulir kemarin. Turnamen tersebut berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur.

Total ada 606 atlet dari 30 provinsi yang terbagi dalam tiga kelompok usia dan 11 sektor. Yakni, anak-anak U-13 (tunggal putra dan tunggal putri), pemula U-15 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri), serta remaja U-17 (tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran).

Pelatih Jawa Timur Hadi Sugiyanto mengatakan, timnya menurunkan 61 atlet yang tampil di seluruh nomor. ’’Cuma ada beberapa yang bermain rangkap,’’ ungkapnya saat diwawancarai kemarin.

Adapun kriteria pemilihan pemain yang berangkat berdasar hasil di Piala Gubernur yang berlangsung pada 28 Mei–4 Juni lalu. Yang mana, sang juara hingga peringkat keempat alias semifinalis di tiap-tiap nomor otomatis lolos untuk menempati slot.

’’Sedangkan dari posisi kelima-kedelapan itu kami tandingkan lagi dan ambil satu untuk mengisi slot terakhir,’’ imbuhnya

Selain Jatim, daerah lain yang atletnya maksimal di semua nomor adalah DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Jawa Tengah (Jateng). Hadi optimistis pasukannya bisa bersaing dengan tiga daerah tersebut.

’’Harus ada target walaupun kekuatan kami tidak sekuat DKI Jakarta, Jateng, dan Jabar. Tapi tetap kami mau juara di turnamen ini,’’ tegasnya.

Hadi menuturkan, empat daerah tersebut memang menjadi kekuatan utama bulu tangkis nasional. Sebaliknya, Jatim sedikit mengalami penurunan prestasi.

Salah satunya karena banyak atletnya dicomot daerah lain karena faktor fasilitas. ’’Tapi, dengan Ketum PBSI Jatim (Tony Wahyudi), kami benahi,’’ ucapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini: