alexametrics
Piala Presiden 2022

Kondisi Pemain Fit, Arema FC sedang On Fire

2 Juli 2022, 14:28:46 WIB

JawaPos.com-Barito Putera belum pernah menelan kekalahan. Mereka meraih satu kemenangan dan tiga hasil imbang di grup B Piala Presiden 2022.

Catatan apik itu menjadi bekal untuk menantang Arema FC di babak 8 besar Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, sore nanti (live Indosiar pukul 15.30 WIB).

Singo Edan –julukan Arema FC– tengah on fire. Dalam laga terakhir, mereka menang 1-0 atas Persikabo 1973 (19/6). Kondisi pemain juga lebih fit.

Sebab, mereka memiliki waktu recovery hampir dua pekan. Belum lagi tuan rumah akan didukung langsung oleh Aremania. Meski lebih diunggulkan, pelatih Arema FC Eduardo Almeida ogah jemawa.

’’Karena saya tahu Barito Putera ini tim yang bagus. Mereka dihuni banyak pemain lama yang bertahan. Jadi, chemistry sudah terjalin,’’ kata pelatih asal Portugal tersebut.

Karena itu, Almeida meminta anak asuhnya tidak meremehkan tim lawan. ’’Karena laga ini akan berjalan sulit. Tapi, kami siap memberikan yang terbaik untuk menang,’’ tambah Almeida.

Beruntung, recovery panjang membuat pemain yang sempat cedera mulai pulih. Salah satunya adalah bek Bagas Adi. Pemain 25 tahun itu sebelumnya menderita cedera hamstring. Tapi, untuk laga nanti sore, dia dipastikan bisa ambil bagian.

’’Semoga besok saya bermain baik dan bisa membantu tim meraih hasil maksimal,’’ ucap bek asli Sleman itu.

Arema FC juga punya amunisi baru. Dia adalah striker Abel Camara. Pemain asal Guinea-Bissau itu sudah tiba di Malang. Dia bahkan bergabung dalam sesi latihan di Stadion Gajayana kemarin pagi.

Kondisinya sudah cukup bagus. Kedatangan Camara jelas jadi solusi. Sebab, Arema FC hanya mencetak dua gol dari tiga laga. Itu pun dari eksekusi penalti dan bola mati.

Lalu, apakah Camara akan diturunkan? ’’Mungkin saya turunkan, mungkin juga tidak,’’ kata Almeida singkat.

Kalaupun turun, striker 32 tahun itu akan memulai laga dari bangku cadangan. Sebab, masih ada beberapa opsi bagi Singo Edan di lini depan. Almeida masih bisa menurunkan Hanis Sagara, Dedik Setiawan, atau M. Rafli.

Kedalaman skuad tuan rumah itu yang bikin Barito Putera ketir-ketir. Sang pelatih Dejan Antonic tidak menampik bahwa Arema FC lebih superior.

’’Mereka (Arema FC) dihuni banyak pemain bintang. Sementara kami lebih banyak pemain muda yang bukan nama besar. Tapi, itu justru bisa jadi kesempatan bagi pemain muda untuk menunjukkan kemampuan mereka,’’ ujar pelatih asal Serbia tersebut.

Dia meminta seluruh pemainnya tidak takut melawan Singo Edan. Meski, tuan rumah akan mendapat dukungan penuh suporter. Dejan memastikan anak asuhnya akan maksimal untuk memberikan kejutan.

’’Materi pemain kami boleh saja jauh dari Arema FC. Tapi, dalam sepak bola semuanya bisa terjadi. Semua tim punya kesempatan menang. Termasuk tim kecil bisa menang atas tim besar,’’ tegas Dejan.

Barito Putera juga sudah mengantisipasi segala kemungkinan. Termasuk jika terjadi adu penalti. Kiper Barito Putera Joko Ribowo sudah mempersiapkan semua dengan baik.

’’Laga ini sudah memasuki sistem gugur. Kami harus maksimal. Kalau memang harus penalti, saya sudah menyiapkan mental dengan baik. Saya yakin pelatih juga sudah menyiapkan algojo,’’ terang Joko.

Perkiraan Pemain

Arema FC (4-3-3): 90-Adilson Maringa (g); 12-Rizky Dwi Febrianto, 4-Sergio Silva, 5-Bagas Adi, 87-Johan Alfarizi (c); 11-Gian Zola, 8-Renshi Yamaguchi, 14-Jayus Hariono; 41-Dendi Santoso, 22-Hanis Sagara, 18-Adam Alis
Pelatih: Eduardo Almeida

Barito Putera (4-3-3): 33-Joko Ribowo (g); 66-Bagas Kaffa, 36-Renan Alves, 4-Muhammad Helmi, 14-Nazar Nurzaidin; 71-Lutfi Kamal, 13-Bayu Pradana, 22-Ryota Noma; 26-Rizky Pora (c), 9-Rafael Silva, 11-Rafinha
Pelatih: Dejan Antonic

Venue: Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang
Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: