alexametrics
Malaysia Open 2022

Fajar/Rian Ungkapkan Kunci Kemenangan Telak atas Ganda Malaysia

2 Juli 2022, 13:08:18 WIB

JawaPos.com-Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju mulus ke semifinal Malaysia Open 2022.

Di perempat final, Fajar/Rian membungkam ganda Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. Dalam laga yang berlangsung Jumat (1/7), Fajar/Rian menang straight game dengan skor telak 21-13, 21-9.

Fajar mengatakan, kondisi Axiata Arena, Kuala Lumpur, tempat berlangsungnya turnamen kurang cocok untuk Ong/Teo. Sebab, Axiata Arena sangat berangin. Dan ini tidak pas dengan tipe permainan Ong/Teo yang bertahan.

Dan Fajar/Rian memanfaatkan benar kondisi lapangan tersebut.

“Alhamdulillah bersyukur bisa memenangkan pertandingan tanpa cedera. Hari ini kami bermain nothing to lose saja karena ini juga bertanding di hadapan suporter Malaysia,” ucap Fajar dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Tapi kami tetap percaya diri, belajar dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, belajar dari video-video pertandingan mereka. Dan pelatih juga memberi arahan sebelum main sehingga strateginya bisa berjalan dengan baik,” tambah Fajar.

“Ong/Teo adalah pemain dengan tipe bertahan yang bagus. Tapi dengan kondisi lapangan yang berangin seperti ini, mereka mungkin kurang cocok,” kata Fajar lagi.

Di semifinal hari ini (2/7), Fajar/Rian akan kembali menghadapi wakil Malaysia. Yakni Goh Sze Fei/Nur Izzuddin. Goh/Izzuddin melangkah ke semifinal dengan mengalahkan juara Indonesia Open 2022 asal Tiongkok Liu Yuchen/Ou Xuanyi. Goh/Izzuddin menang dalam straigt game, 21-11, 22-20.

“Lawan Goh/Izzuddin tidak akan mudah. Mereka bermain penuh percaya diri tadi dan berhasil mengalahkan juara Indonesia Open 2022. Pastinya kami harus waspada, apalagi mereka akan didukung semua penonton di sini. Yang harus disiapkan pastinya mental dan fisik,” ucap Rian.

Sayang, langkah Fajar/Rian gagal diikuti ganda veteran Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Hendra/Ahsan disingkirkan unggulan lima asal Malaysia Aaron Chia/Soh Woi Yik. Hendra/Ahsan kalah tipis dalam rubber game dengan skor 13-21, 22-20, 19-21.

“Kami tetap mengucap syukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar. Kami juga mengucapkan selamat kepada pasangan Malaysia yang bermain bagus hari ini,” kata Ahsan.

“Di game ketiga tadi kami kan tertinggal terus. Tapi kami tidak mau menyerah, terus mencoba sampai akhir. Sayang servis saya tadi di angka 19-20 agak tanggung. Ya belum rezeki. Selain itu, mereka memang sangat siap tadi,” sambung Hendra.

Bagi The Daddies, mencapai babak perempat final sudah merupakan hasil yang lumayan bagus. Sebab, mereka mendapat hasil kurang maksimal di beberapa turnamen terakhir. Mereka pun segera bersiap untuk tampil lebih baik pekan depan di Malaysia Masters 2022.

“Dari segi penampilan di Malaysia Open ini sudah jauh lebih baik. Tetapi tetap harus ditingkatkan lagi. Semoga minggu depan di Malaysia Masters bisa lebih maksimal,” ucap Hendra.

Dengan hasil ini, Indonesia menempatkan tiga wakil di semifinal Malaysia Open 2022. Yaitu, Jonatan Christie (tunggal putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri).

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini: