alexametrics

Indonesia Optimistis Salip Brisbane untuk Jadi Host Olimpiade 2032

2 Mei 2021, 21:29:34 WIB

JawaPos.com – Ketua National Olympic Committee (NOC) Raja Sapta Oktohari menyadari bahwa Indonesia tertinggal satu langkah oleh Brisbane (Australia) soal bidding Olimpiade 2032.

Brisbane saat ini berstatus preferred host, sedangkan Indonesia adalah continuous dialogue.

’’Karena Brisbane mulai duluan, dia ada di depan, dia preferred host. Tapi preferred host dan continuous dialogue itu tidak permanen,’’ jelasnya saat memberikan keterangan di gedung Kemenpora kemarin (30/4).

Pria yang akrab disapa Okto itu mengungkapkan, Indonesia tertinggal lantaran Brisbane menyampaikan proposal dan pernyataan keinginan (letter of intent).

’’Ini cuma masalah waktu, tetapi kita menempel dengan ketat. Dengan keppres ini bisa lebih cepat lagi,” sebutnya.

Keppres yang dimaksud adalah keputusan presiden (keppres) tentang panitia pencalonan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade tahun 2032 pada 13 April 2021. Ini menjadi dasar penguat dalam persaingan dengan negara-negara lain.

Okto menegaskan, keppres menjadi mesin baru yang dipasang di kendaraan tim agar lebih cepat untuk bisa mengejar Brisbane. Lantas, bagaimana persiapan tanah air?

Okto menyebut Indonesia siap. Bahkan jika Olimpiade digelar saat ini. Hal itu berdasar kesuksesan menyelenggarakan Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Jakarta-Palembang.

’’Itu yang membuat kita cukup konfiden dan sudah mendapatkan dukungan dari beberapa negara bahwa ini akan menjadi legasi baru Olimpiade pertama di Asia Tenggara,” ujarnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads