alexametrics
SEA Games 2019

SEA Games 2019 Banyak Kekacauan tapi Klaim sebagai Terbaik

Laporan Tim Jawa Pos dari Filipina
1 Desember 2019, 10:17:14 WIB

JawaPos.com – Lagu kebangsaan Filipina, Lupang Hinirang, menandai pembukaan SEA Games 2019. Dilanjutkan dengan pertunjukan tari tradisional singkil yang berasal dari cerita rakyat Maranou yang tinggal di bagian selatan negeri yang beribu kota di Manila tersebut.

Atraksi selanjutnya di Philippine Arena, Bulacan, itu adalah defile atlet. Mulai Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan terakhir tuan rumah Filipina.

Untuk defile atlet, Indonesia hanya diwakili tiga cabor, yakni floorball, polo air, dan obstacle run. Ridjkie Mulia, atlet polo air yang sudah menyumbang emas pertama Indonesia, menjadi pembawa bendera.

Total ada 250 anggota kontingen Indonesia dalam defile tersebut. ”Sengaja. Yang besok (hari ini, Red) tanding tidak saya ajak,” kata Chef de Mission Indonesia Harry Warganegara.

Para atlet mengenakan baju kontingen warna merah putih. Sementara itu, ofisial mengenakan baju adat mewakili berbagai daerah di Indonesia. Mulai Lampung, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Riau, Melayu, Bugis, Makassar, Betawi, hinga Kalimantan.

Ketua Olimpiade Filipina Abraham Tolentino membuat pernyataan kontroversial dalam sambutannya. Di antara seluruh kekacauan yang terjadi sebelum pembukaan SEA Games, Tolentino mengklaim telah sukses dalam penyelenggaraan.

WARNA-WARNI PEMBUKAAN: Penyanyi Christian Bautista turut meramaikan opening ceremony SEA Games 2019 di Philippine Arena, Bulacan, Sabtu malam (30/11). . (Dipta Wahyu/Jawa Pos)

Padahal, kekacauan bahkan terus terjadi hingga kemarin. Tim badminton Indonesia dan negara-negara peserta lain, misalnya, terlambat dijemput dari bandara. Sebelumnya, timnas sepak bola Timor Leste sempat telantar di bandara. Ada pula cerita soal belum siapnya hotel yang akan ditempati salah satu timnas sepak bola lainnya.

”Berkat support dari Presiden Rodrigo Duterte, sekarang kami bisa membuka SEA Games terbesar dan terbaik yang ada dalam sejarah,” kata Abraham yang langsung disambut tepuk tangan penonton.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : */feb/c10/ttg

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads