alexametrics
SEA Games 2019

Perjalanan Jawa Pos Ke New Clark City, Sentra Olahraga Baru Filipina

1 Desember 2019, 22:56:29 WIB

JawaPos.com-Di tengah serba keterbatasan Filipina menyiapkan SEA Games 2019, langkah mereka membangun sentra pusat olahraga baru di New Clark City patut diapresiasi. Berikut perjalanan Jawa Pos menuju kota di utara Manila tersebut.

Gerbang kawasan New Clark City (NCC) Sports Complex hanya satu. Dari arah depan, sudah terlihat NCC Aquatic Center. Yakni, bangunan kolam renang semi indoor yang hanya memiliki tribun di sisi timur.

Meski gedungnya tidak besar-besar amat, kolamnya memiliki standar Olimpiade.

Tampak di kejauhan stadion atletik plus sepak bola berada di ujung timur kompleks yang baru disiapkan. Di sisi lainnya, ada kompleks athlete village atau kampung atlet untuk menampung kontingen dari berbagai negara. Terdiri atas tujuh tower apartemen. Empat sudah siap dipakai dan sisanya masih dibangun.

Kompleks yang berdiri di kawasan Capas, Tarlac, itu merupakan proyek mega-ambisius untuk menyukseskan SEA Games 2019. Pembangunan baru dimulai tahun lalu. Ground breaking saja baru April 2018. Sudah tentu waktunya tidak cukup untuk menyelesaikan semua arena. Saat ini yang sudah jadi dan bisa digunakan untuk SEA Games 2019 ya hanya tiga bangunan yang disebut di atas.

Ngomong-ngomong, Clark City berjarak sekitar 111 km dari Manila. Nah, NCC Sports Complex itu masih jauh dari pusat kota. Berjarak 29 kilometer. Masih harus ditempuh sekitar setengah jam naik mobil.

Nah, infrastruktur menuju NCC Sports Complex juga belum beres. Jalan masih dibangun. Sejumlah alat berat kami temui ketika berkendara menuju kawasan olahraga baru tersebut. Sebenarnya ada dua jalur untuk menuju ke sana. Pertama, lewat tol. Satu lagi, jalur bawah non-tol. Jalur non-tol menawarkan pemandangan yang cukup bagus.

Kami melewati jembatan sungai Savobia. Jembatan sepanjang hampir 1 kilometer itu membentang di atas sungai aliran lahar dingin Gunung Pinatubo, salah satu gunung aktif di bagian utara Pulau Luzon.

Itu menjadi salah satu jalur alternatif untuk menuju NCC Sports Complex. Untungnya, jalannya relatif bagus. Nyaris semua dicor beton. Udaranya juga segar, khas pegunungan. Hawa yang sama terasa hingga NCC Sports Complex. Terlebih saat matahari tenggelam. Waktu tempuh lewat tol maupun non-tol sama saja.

CEO Sea Games 2019 Ramon Suzura menyatakan, NCC Sports Complex tidak hanya dibangun untuk SEA Games 2019. Melainkan demi tujuan jangka panjang. Ia disiapkan sebagai pengganti Rizal Memorial Sports Complex, Manila, yang sudah dimakan usia.

’’Setelah SEA Games ini, kami berharap agar NCC Sports Complex bisa digunakan sebagai sentra pembinaan atlet,’’ terang Suzura. ’’Venue yang di sana cukup representatif. Kolam renang semi indoor yang disediakan sudah maksimal. Stadion-stadion lain segera diselesaikan. Karena itu, athlete village juga kami letakkan di sana,’’ imbuh dia.

Untungnya, meskipun jauh dari peradaban, panpel lokal juga menyiapkan food court di dalam kompleks tersebut. Seperti yang terlihat di venue akuatik. Itu menjadi solusi makanan buat para suporter yang mendukung timnas kesayangan.

Sedangkan untuk para atlet, semua kebutuhan konsumsi maupun akomodasi sudah disediakan.

Soal akomodasi sejatinya cukup bikin deg-degan. Tempat itu jauh dari mana-mana dan tidak ada kendaraan umum.

Chief de Mission (CdM) Indonesia Harry Warganegara Harun menyatakan timnya menyiapkan siasat untuk kemungkinan terburuk. ’’Kami menempatkan representasi kami di NCC. Juga menaruh mobil back-up yang bisa digunakan kontingen setiap saat,’’ jelas dia.

Namun, secara kualitas, lanjut Harry, venue di NCC Sport Complex sudah cukup representatif sebagai arena pertandingan kelas internasional. ’’Mungkin ke depan akses masuknya bisa diperbaiki lagi,’’ harap dia.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Nuris Andi Prastiyo, Dipta Wahyu dari Manila, Filipina



Close Ads