alexametrics

Tiga Race di Luar Eropa Batal, Bos Penyelenggara MotoGP Sedih

1 Agustus 2020, 16:48:27 WIB

JawaPos.com – Kekuatan virus korona baru dalam mengobrak-abrik tatanan dunia benar-benar luar biasa.

Jadwal MotoGP yang sudah disusun rapi harus dirombak lagi karena pandemi virus pemicu Covid-19 tersebut belum berlalu. Kemarin Dorna resmi membatalkan tiga balapan yang digelar di luar Benua Eropa. Yakni, GP Argentina, Malaysia, dan Thailand.

Sebelumnya, tiga seri MotoGP yang tersisa di luar Eropa itu ditunda. Namun, kemarin FIM, IRTA, dan Dorna terpaksa membuat keputusan sulit tersebut.

Pandemi memang sangat membatasi pergerakan manusia. Mobilisasi kru banyak terbentur oleh pembatasan bepergian dari sejumlah negara.

Selain itu, urusan logistik dan perpindahan antarbenua membutuhkan biaya besar. Padahal, Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP tidak mendapatkan pemasukan via tiket penonton.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menyatakan sedih terkait pembatalan race di tiga venue non Eropa. ’’Semangat fans yang kerap pergi melintasi benua untuk menyaksikan MotoGP bersama kami di Termas Rio Hondo (Argentina), Buriram (Thailand), dan Sepang (Malaysia) sangat luar biasa,’’ ucapnya.

Meski begitu, Dorna dan promotor GP Thailand memastikan perpanjangan kontrak penyelenggaraan di Buriram setidaknya hingga 2026. Kabar gembira itu sedikit mengobati pembatalan salah satu race yang berlangsung di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Selanjutnya, Dorna terus menjalin komunikasi intensif untuk menentukan tanggal penyeleggaraan GP Malaysia dan Argentina pada musim 2021.

Sebagai pengganti tiga race yang dibatalkan, Dorna akan menambahkan satu seri lagi. Ia bakal menjadi seri penutup musim 2020 yang indah ini. Tentunya, venue-nya tetap di Eropa. Bertajuk GP Eropa, ada beberapa sirkuit yang menjadi kandidat. Salah satunya Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Race penutup tersebut dijadwalkan berlangsung pada 22 November 2020. Sedangkan, Dorna dan MotoGP baru akan memastikan detail venue pada 10 Agustus. ’’Lokasi GP ke-15 segera diumumkan dan kami akan kembali lebih kuat ketimbang sebelumnya,’’ sebut Presiden FIM Jorge Viegas.

Kalender Revisi (Lagi)
9 Agustus, Rep Ceko Brno
16 Agustus, Austria Red Bull Ring
23 Agustus, Styria Red Bull Ring
13 September, San Marino Misano
20 September, Emilia-Romagna Misano
27 Oktober, Catalunya Barcelona
11 Oktober, Prancis Le Mans
18 Oktober. Aragon Motorland Aragon
25 Oktober, Teruel Motorland Aragon
8 November, Eropa Ricardo Tormo
15 November, Valencia Ricardo Tormo
22 November, Belum ditentukan Belum ditentukan

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c6/na



Close Ads