Tahun Depan, Khabib Akan Menantang Salah Satu Legenda Terbesar UFC

1 Agustus 2020, 20:54:15 WIB

JawaPos.com – Khabib Nurmagomedov berencana menggelar pertarungan melawan salah seorang legenda terbesar UFC Georges St-Pierre (GSP) pada April 2021.

Juara dunia kelas ringan UFC itu mengungkapkan jadwal pertarungan melawan St-Pierre di akun Instagram milik komentator UFC, Joe Rogan.

“Oktober melawan Justin Gaethje dan April 2021 dengan GSP,” tulis Khabib sebagaimana dikutip oleh BJPENN.

Duel tersebut dikabarkan menjadi pertarungan terakhir Khabib sebelum pensiun. Presiden UFC Dana White memastikan hal itu. Namun, White belum mengungkapkan kapan duel Khabib melawan St-Pierre itu terealisasi.

Duel Khabib versus Gaethje akan digelar pada 24 Oktober 2020 dalam UFC 254. Ini adalah kali pertama Khabib naik oktagon sejak mengalahkan Dustin Poirier pada 7 September 2019.

Gaethje mendapatkan kesempatan melawan Khabib setelah mengalahkan Tony Ferguson dalam duel perebutan juara dunia kelas ringan interim dalam UFC 249, 10 Mei 2020.

Semula, Khabib dijadwalkan menghadapi Ferguson. Namun, The Eagle memutuskan mundur karena pandemi global Covid-19.

St-Pierre dianggap sebagai salah satu petarung terhebat dalam sejarah UFC. Terakhir, pria asal Kanada itu merebut gelar juara dunia kelas menengah UFC dengan mengalahkan Michael Bisping pada 4 November 2017.

Menariknya, St-Pierre sempat pensiun sejak 2013. Namun, dia bisa bangkit lagi dan menjadi juara.

Sementara itu, manajer Khabib, Ali Abdelaziz, mengatakan bahwa Khabib sudah siap menghadapi Gaethje. Abdelaziz juga tidak menutup peluang bahwa pertarungan melawan St-Pierre adalah duel penutup sebelum dia pensiun.  Alasannya, Khabib berambisi pensiun dengan rekor sempurna 30-0. Saat ini Khabib memiliki catatan menang-kalah 28-0 sepanjang kariernya di ajang mixed martial arts (MMA).

“Khabib berada di gym, dia fokus berlatih. Dia sangat fokus, penuh dedikasi. Dia sangat fokus daripada sebelumnya. Dia punya ambisi menuju 30-0 dan itu yang akan dia lakukan,” ucap Abdelaziz.

Sementara itu, kepada ESPN, St-Pierre mengatakan kabar pertarungan itu muncul saat dia sudah mulai rela tidak akan bisa menghadapi Khabib. Sebelumnya, St-Pierre sangat berambisi menantang Khabib. Namun, dia mengklaim UFC mencegah duel tersebut.

“Sial! Di saat saya berpikir saya sudah menemukan ketenangan pikiran (kabar ini muncul). Saya tidak sabar untuk melihat Khabib vs Gaethje di Oktober. Semoga beruntung untuk mereka,” ujar St-Pierre kepada ESPN.

St-Pierre mengatakan bahwa UFC mencegah duelnya melawan Khabib. Dia menganggap pihak UFC khawatir Khabib kalah ketika berada di puncak karier.

“Kami berusaha membuat pertarungan terwujud. Saya tahu Khabib menginginkan pertarungan ini, begitu juga saya. Tapi, UFC memiliki rencana lain,” klaim St-Pierre.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar



Close Ads