Hari-Hari Indah dan Momentum Baik Dirusak Bintang Positif Covid-19

1 Agustus 2020, 16:33:09 WIB

JawaPos.com – Racing Point menikmati hari-hari yang indah pada tiga seri pertama musim 2020. Dua pembalap andalan mereka, Sergio Perez dan Lance Stroll, secara konsisten finis di 10 besar. Keduanya menduduki peringkat ke-6 dan ke-8 klasemen sementara pembalap.

Sayang, momentum Racing Point melanjutkan tren positif terancam. Tim yang bermarkas di Silverstone, Inggris, itu menerima kabar buruk sehari menjelang latihan pertama di kampung halaman.

Perez dinyatakan positif Covid-19. Dia dipastikan absen dalam dua balapan beruntun di Silverstone. Tepatnya di GP Inggris akhir pekan ini dan 70th Anniversary GP pekan depan.

’’Ini hari paling menyedihkan dalam karirku,” ucap Perez dilansir situs resmi F1.

’’Sedih mengingat betapa besarnya persiapan yang kami lakukan untuk mencapai kondisi 100 persen di akhir pekan ini. Aku tahu aku punya mobil yang sangat bagus dan tim telah menjalankan kinerja luar biasa. Betapa orang bisa sangat ringkih jika berhadapan dengan virus ini,’’ tutur pembalap asal Meksiko tersebut.

Perez memang sempat pulang ke negaranya selama dua hari. Menjenguk ibunya yang baru saja mengalami kecelakaan parah. Namun, dia mengaku telah menjalankan seluruh protokol kesehatan yang diinstruksikan FIA dan timnya. Setelah menuntaskan GP Hungaria, dia terbang ke Meksiko dengan menggunakan jet pribadi.

’’Aku kembali ke Eropa pun dengan cara yang sama. Aku menjalankan semua protokol. Dan tiba-tiba aku mendapatkannya (Covid-19, Red), tidak tahu dari mana. Aku sama sekali tidak merasakan gejala,’’ papar pembalap 30 tahun tersebut. Perez pun harus menjalani karantina mandiri selama 10 hari.

Perez, dalam tiga race pertama, secara beruntun finis di posisi keenam, keenam, dan ketujuh. Dia mengumpulkan 22 poin. Dan itu bisa lebih bagus lagi. Sebab, mobil RP20 yang didukung power unit Mercedes sangat menjanjikan. Buktinya, Stroll bisa finis nomor empat di GP Hungaria dua pekan lalu.

Tentu, tim dengan livery pink itu bergerak cepat mencari pengganti. Mereka menghubungi Nico Hulkenberg yang statusnya sedang lowong. Mantan pembalap Renault musim lalu itu ditelepon Team Principal Racing Otmar Szafnauer saat dalam perjalanan menuju Nurburgring untuk sebuah proyek balap lainnya.
Szafnauer mengatakan, keputusan memilih pengganti Perez bukan perkara mudah. Apalagi, Racing Point tidak punya waktu banyak menjelang latihan pertama tadi malam.

’’Tetapi, Nico adalah sosok yang cepat belajar,’’ sebutnya. Hulkenberg pernah bersama Racing Point pada 2011 hingga 2016.

Hulkenberg mencoba beradaptasi pada latihan bebas pertama dan kedua kemarin. Pada latihan pertama kemarin, dia membukukan waktu 1 menit 28,592 detik. Dia berada di posisi tercepat kesembilan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c6/na



Close Ads