Malaysia Open 2022

Meski Melawan Hebat, Rebut Game 1, Ginting Dikalahkan No 1 Dunia

1 Juli 2022, 18:47:29 WIB

JawaPos.com-Anthony Sinisuka Ginting gagal untuk melakukan pembalasan. Lagi-lagi dia dikandaskan bintang asal Denmark Viktor Axelsen. Kali ini, Ginting kalah pada perempat final Malaysia Open 2022 dalam rubber game dengan skor 21-18, 17-21, dan 12-21.

Pada game pertama di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Ginting bermain sangat baik. Dia bermain dengan cepat untuk membongkar defense ketat Axelsen.

Awalnya, Ginting tertinggal 6-10. Namun, dia terus mengejar dan akhirnya unggul dalam posisi 19-16.

Dalam kondisi tegang, Axelsen terus mengejar dan memperpendek jarak menjadi 18-19. Tetapi dalam situasi kritis, Ginting mencetak dua angka beruntun dan memenangkan game pertama dalam kedudukan 21-18.

Di game kedua, Axelsen bermain sangat dominan. Di sisi lain, Ginting banyak melakukan kesalahan sendiri. Alhasil, Axelsen memimpin sangat jauh dalam posisi 15-4.

Namun, Ginting tidak menyerah begitu saja. Dia terus mengejar dan hanya berjarak tiga angka dalam situasi 17-20. Sayang, Ginting melakukan smes yang terlalu terburu-buru. Ini membuat Axelsen menutup game kedua dengan kemenangan 21-17.

Di game ketiga, pertandingan juga berjalan dengan sangat seru. Selisih angka kedua berjarak pendek. Ginting sempat memimpin 7-4 dan 10-7. Tetapi Axelsen bangkit dan memimpin ketika interval dengan skor 11-10.

Pasca interval, Axelsen makin menjauh. Pemain nomor satu dunia tersebut unggul 18-12 dan akhirnya menutup game ketiga dengan kemenangan 21-12.

“Hari ini permainan berjalan ketat dan intens dari awal sampai akhir. Kuncinya di game ketiga, Axelsen bermain lebih sabar setelah interval. Kondisi sisi lapangan juga lebih menguntungkan buat dia,” kata Ginting dikutip dari siaran pers PP PBSI.

“Dia lebih banyak mengontrol saya dengan menempatkan bola ke sisi-sisi lapangan lalu menunggu untuk menyerang. Tadi di game kedua dan game ketiga setelah interval saya juga sudah mencoba. Tapi Axelsen memang bermain lebih apik terutama di game ketiga. Saat itu, dia mengeluarkan banyak variasi. Jadi cukup menyulitkan buat saya,” tambah Ginting.

Dengan hasil ini, rekor head-to-head antara Ginting dan Axelsen semakin menjauh. Ginting tertinggal 4-9 dalam 13 pertandingan. Ginting kalah dalam tujuh pertandingan secara beruntun.

“Pastinya salah satu pelajaran lagi bisa main lagi sama Axelsen hari ini. Evaluasi harus ada baik menang ataupun kalah. Khususnya lawan dia, evaluasi strategi seperti apa dan apa saja yang mesti ditingkatkan lagi di latihan. Pelan-pelan semoga bisa menemukan cara untuk mengalahkan dia,” ucap Ginting.

Pada semifinal besok, Axelsen akan kembali berhadapan dengan tunggal Indonesia yakni Jonatan Christie. Pada perempat final lainnya, Jonatan mengandaskan Prannoy HS dalam dua game langsung dengan skor 21-18 dan 21-16.

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini: