alexametrics

Sang Genius Asal Norwegia, Resmi Meraih Gelar Juara Dunia ke-12

1 Januari 2020, 19:00:41 WIB

JawaPos.com-Pada awal tahun 2020 ini, GM Magnus Carlsen mencatat satu prestasi hebat lain. Dia menjadi juara dunia catur kilat di Luzhniki Stadium, Moskow.

Sebelumnya, pecatur berusia 29 tahun asal Norwegia itu menjadi juara pada nomor catur cepat. Jadi, Carlsen memborong dua gelar pada turnamen bertajuk King Salman World Rapid & Blitz Championships 2019 tersebut.

Dengan demikian, pecatur genius ini menggenggam tiga gelar juara dunia untuk tiga nomor. Sebelumnya, pada November 2018, Carlsen juga sukses mempertahankan gelar juara nomor catur klasik dengan mengalahkan GM Fabiano Caruana.

Caruana yang asal Amerika Serikat itu, disebut-sebut sebagai penerus legenda catur Negeri Paman Sam, Bobby Fischer.

Carlsen tidak meraih gelar juara dunia catur kilat dengan mudah. Dia harus melalui pertarungan playoff melawan pecatur Amerika kelahiran Jepang GM Hikaru Nakamura. Sebelumnya, kedua pecatur yang diunggulkan di tempat teratas tersebut sama-sama meraup 16,5 poin dari 21 babak.

Pada babak playoff, Nakamura melewatkan kesempatan saat memegang buah putih di pertandingan pertama. Pertandingan berakhir remis. Carlsen lalu memenangkan pertandingan kedua sehingga dia uggul 1,5-0,5.

Carlsen mengakui bahwa gelar juara dunia catur kilat tersebut sangat sulit untuk diraih. Dia harus punya faktor luck untuk mengalahkan Nakamura.

“Nakamura memiliki permainan yang hebat di turnamen ini. Dengan sedikit keberuntungan, dia bisa memenangkannya langsung. Kali ini, keberuntungan memihak saya. Seperti misalnya pertandingan saya melawan (Alireza) Firouzja (pecatur 16 tahun asal Iran, Red). Jika saya tidak mendapatkan tambahan setengah poin saya tidak akan berhasil sampai ke tiebreak,” kata Carlsen seperti dilansir laman resmi turnamen.

Bagi Carlsen, gelar juara dunia catur kilat 2019 adalah gelar kelimanya pada nomor ini. Dia juga telah memenangkan kejuaraan dunia nomor catur cepat tiga kali. Plus mendulang gelar juara dunia catur klasik empat kali.

Jadi secara keseluruhan, Carlsen sudah mengoleksi 12 gelar dunia.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ANTARA


Close Ads