alexametrics

Sisca Soewitomo: Kuncinya Adalah Cinta

28 Oktober 2020, 16:02:52 WIB

PRAKTISI kuliner Sisca Soewitomo sudah berpuluh tahun mengakrabi sambal. Dari resep yang diajarkan sang ibu dan nenek, hingga kini dia berkreasi sendiri. ”Keluarga saya andalannya sambal iris, bahannya cabai, terasi, bawang, dan aroma daun jeruk,” papar perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949, itu.

Sebagaimana masakan buatannya yang kebanyakan berbasis menu rumahan, sambal favorit Sisca juga tak jauh dari hal ini. Yakni, sambal tempe. Bahan-bahannya sederhana dan mudah didapat. Cabai rawit, bawang putih, kencur, dan tempe.

Meskipun sederhana, kebanyakan jenis sambal –termasuk sambal tempe kesukaan Sisca– punya kenikmatan yang cocok dipadukan dengan makanan apa pun. ”Dimakan dengan nasi putih saja sudah enak. Mau dipadankan dengan menu lain pun boleh,” ujar perempuan yang terkenal berkat program memasak Aroma itu.

Nah, Sisca menyimpulkan bahwa apa pun sambalnya, hanya satu kuncinya. Yakni, rasa cinta ketika membuat. ”Itu yang paling baik. Tapi, kalau bikinnya sambil ngomel ya semuanya asal dicampur aduk,” kata Sisca, lalu tertawa.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : len/c13/dra



Close Ads