alexametrics

Sri Mulyani Kembali Jadi Perempuan Berpengaruh Dunia

16 Desember 2019, 09:50:26 WIB

JawaPos.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, 57, masih menjadi perempuan paling berpengaruh satu-satunya dari Indonesia yang masuk daftar Forbes. Dalam deretan nama 100 Perempuan Paling Berpengaruh 2019, sosok yang akrab disapa Ani itu ada di posisi ke-76. Di urutan pertama ada Kanselir Jerman Angela Merkel yang membuatnya masuk daftar tersebut untuk kali ke-14.

Ani dianggap berhasil dalam meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak yang memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Dia juga dinilai berhasil menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender selama mengemban tugas sebagai direktur pelaksana di Bank Dunia.

”Selamat Ibu Sri Mulyani Indrawati. Prestasi ibu bukan hanya jadi kebanggaan, tapi juga inspirasi bagi seluruh keluarga besar Kementerian Keuangan Republik Indonesia,” tulis akun Instagram Kemenkeu RI yang kemudian di-repost di Instagram stories Sri Mulyani.

Capaian di Forbes itu bukan kali pertama untuk Ani. Namanya ada di daftar tersebut pada 2008, 2011, 2013, 2014, 2016, dan 2018.

Tahun ini komposisi yang ada di daftar itu bisa dibagi menjadi 31 pengusaha, 17 orang bekerja di bidang teknologi, 12 orang bidang keuangan, dan 14 orang di media dan hiburan. Selain itu, ada 22 orang yang memiliki latar belakang politik dan kebijakan serta 4 orang filantropis.

People’s of the Year tahun ini versi majalah Time, Greta Thunberg, menjadi sosok termuda yang masuk daftar Forbes. Aktivis lingkungan berusia 16 tahun tersebut ada di posisi ke-100.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : mia/c10/ayi


Close Ads