Boy Rafli Amar: Parade Budaya, Perempuan, dan Antiterorisme

15 November 2022, 14:27:01 WIB

BELUM lama ini, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menghelat Parade Budaya Nusantara di sekitar Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta. Itu menjadi salah satu cara untuk menangkal radikalisme dan terorisme. ”Penguatan budaya adat Nusantara yang kami lakukan akan memperlemah virus toleransi, radikalisme, dan terorisme,” ujar Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Yang menarik, dalam parade yang diikuti lebih dari 20 ribu orang itu, Boy turut menggaungkan dukungan terhadap kebaya sebagai single nomination di UNESCO. Dia melihat ada peran perempuan dalam upaya pencegahan terorisme. Meski tergolong dalam kelompok rentan, perempuan dapat melindungi keluarga dan komunitasnya dari ideologi dan aksi terorisme.

Karena itu, pihaknya menyelenggarakan parade budaya tersebut. ”Program ini tidak lepas dari kaum ibu sebagai pertahanan keluarga. Kami melihat peran perempuan untuk mencegah virus-virus itu pada keluarga dan masyarakat luas,” kata pria yang pernah bertugas sebagai kepala Divisi Humas Polri tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : syn/c18/fal


Close Ads