alexametrics

Xanana Gusmao Berlinang Air Mata Kenang Habibie

15 September 2019, 15:15:30 WIB

JawaPos.com – Bacharuddin Jusuf Habibie bukan sekadar nama bagi Xanana Gusmao. Bagi presiden pertama Timor Leste tersebut, Habibie itu kasih sayang. Cinta.

Sama seperti arti dari nama sang bapak teknologi yang baru diketahuinya di saat pertemuan terakhir mereka. ”Dan saya tidak akan lupa. Di pertemuan terakhir itu. Karena saya bisa belajar bahasa Arab. Habibie. Tahu kalian artinya? Kasih sayang,” tuturnya lantas tersenyum ketika ditemui di kediaman almarhum Habibie, kawasan Patra Kuningan, Jakarta, tadi malam (14/9).

Xanana begitu antusias bercerita tentang segala kenangannya bersama presiden ketiga Indonesia yang meninggal pada Rabu lalu (11/9) itu. Dimulai saat dirinya ditahan di Cipinang hingga akhirnya bisa berteman dekat dengan Mr Crack, julukan Habibie. Di masa kepemimpinan Habibie pula referendum yang akhirnya bermuara pada kemerdekaan Timor Leste dihelat.

Kenangan saat dirinya meminta Habibie datang untuk meresmikan Jembatan Habibie di Timor Leste baru-baru ini pun tak luput dari ceritanya. Di tengah cerita, senyum yang ditebar Xanana hilang. Matanya mulai memerah. Di pelupuk matanya mulai berlinang air mata.

”Tapi ternyata.. Ternyata. Ini sudah tidak bisa (meresmikan, Red),” ujarnya terbata-bata.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : mia/ttg



Close Ads