alexametrics

Dari Mengepul Sampah Rongsok, Kini Jadi Pengusaha Sukses di Usia Belia

8 April 2022, 21:41:50 WIB

JawaPos.com – Kerja keras dan konsistensi memang tidak pernah mengkhianati hasil. Setidaknya, itu yang terjadi pada pengusaha muda dan influencer Yopi Ratnasari, 25. Di usia yang masih belia, ia sudah menjalankan bisnisnya sendiri.

Keberhasilan yang dicapai Yopi tidak secara instan. Tiga toko di bidang fashion dan kecantikan yang kini dijalaninya adalah buah yang ia petik dari kerja kerasnya sejak kecil.

Yopi bukan anak yang lahir dari keluarga kaya. Sejak masih duduk di bangku sekolah, Yopi sudah membantu orang tuanya mengepul rongsokan yang didapat dari pemulung. Hal ini ia lakukan setiap pulang dari sekolah.

“Dari kecil aku rajin bantu papa dan mama karena usaha kecil pengepul barang bekas atau barang rongsokan limbah dari sampah,” kata Yopi kepada wartawan.

Kondisi rumahnya kala itu pun cukup memprihatinkan. “Rumah kontrakan ortu tidak ada plafon, hanya dari seng, di dalam rumah ada sebagian barang rongsokan seperti kardus, dan plastik. Selain panas dan banyak nyamuk, bau sampah juga,” tuturnya.

Kondisi tersebut membuat ia bertekad mengubah nasib keluarganya. Ia lalu merantau dari Lubuklinggau, Sumatera Selatan menuju kota Palembang untuk berkuliah.

Hidup di perantauan, Yopi harus memutar otak untuk biaya kuliah dan hidup sehari-hari. Ia lalu memutuskan bekerja siang harinya, sebelum dia kuliah pada sore hari. Malam harinya, ia menjajal peruntungan untuk mulai bisnis online.

“Dulu pagi sampai sore kerja di kantor bagian staff accounting dengan gaji sangat pas-pasan, sore kuliah sampai malam jurusan akuntansi. Setelah pulang kuliah, mulai kerjain rekap orderan online dan packing kirim paket barang ke ekspedisi malam hari,” katanya.

Modal awal bisnis online-nya sendiri berasal dari tabungan sisa gajinya sebesar Rp 500.000. Setiap pendapatan dari penjualan diputar lagi dan tidak dipakai untuk pengeluaran pribadi.

“Setelah pendapatan online shop selama 6 bulan lumayan terkumpul dan sudah 2 tahun bekerja kantoran, saya akhirnya memberanikan diri resign dari perkerjaan untuk terjun ke dunia usaha dan fokus menyelesaikan kuliah dan skripsi,” katanya.

Perlahan tapi pasti, Yopi kini sudah membuka tiga toko. Pertama adalah Yhoophii Shop yang merupakan merek fashion wanita lokal dengan harga terjangkau dengan target pasar anak muda dan hijabers. Toko ini ia buka di 2015, dan kini sudah ada 3 cabang di Palembang.

Kedua adalah Yhoophii Salon Spa, yakni salon kecantikan khusus wanita yang dia dirikan tahun 2017. Salon ini sudah memiliki 5 cabang di Palembang dan Bandarlampung. Sedangkan bisnis terbarunya adalah Yoona Skin Beauty yang merupakan produk perawatan kecantikan kulit.

Selain sebagai pengusaha muda, Yopi juga aktif di media sosial sebagai influencer Instagram. Hingga saat ini, ia sudah memiliki 77 ribu followers di akun @yopiratnasari.

“Tidak pernah terpikir dulu bisa jadi pengusaha muda saat ini. Alhamdulillah puji syukur bisa sampai ke titik ini dengan karyawan hampir 100 orang pegawai dan bisa menjadi jembatan rezeki untuk orang lain,” tutupnya.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads