alexametrics

Raih Gelar Doktor, Brigita Manohara Pecahkan Dua Rekor MURI

3 Juli 2022, 12:53:44 WIB

JawaPos.com – Presenter Brigita Purnawati Manohara berhasil meraih gelar doktor dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Sabtu (2/7). Selain disertasinya yang berjudul Pengelolaan Hulu Migas di Indonesia: Kajian Regulasi dan Institusi Berdasarkan Pasal 33 UUD 1945 diberi nilai sangat memuaskan, perempuan asal Surabaya itu juga mendapat dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rekor pertama yang dipecahkan Manohara adalah Perempuan Presenter dengan Gelar Akademik Terbanyak. Setelah meraih doktor, gelar lengkap yang dimilikinya menjadi Dr. Brigita Purnawati Manohara, S.T, S.H, M. Ikom, M.H. Sedangkan rekor kedua, Sebagai Perempuan Presenter Televisi Swasta Pertama Bergelar Doktor Hukum.

Penghargaan itu diberikan tepat setelah sidang disertasi terbukanya di Balai Sidang Djoko Soetono UI selesai pada pukul 15.00. Gelar yang dimiliki perempuan kelahiran 2 November 1985 berpotensi bertambah. Sebab, saat ini Manohara sedang menyelesaikan studi magister manajemen di Universitas Paramadina.

Manohara mengatakan, bukan tanpa alasan dirinya serius dalam pendidikan sehingga bisa mengumpulkan gelar sebanyak itu.  Dia ingin menginspirasi perempuan untuk mau terus bersekolah setinggi-tingginya. “Ini adalah cara untuk menginspirasi agar orang mau sekolah lagi. Sebab, yang terpenting untuk kemajuan bangsa adalah sumber daya manusia-nya,” ujarnya.

Presenter yang pernah menjadi moderator debat calon Gubernur Jawa Timur itu tidak mau menyianyiakan kesempatan mendapat pendidikan yang baik. Sebab, Manohara merasa telah diberi kesempatan yang diinginkan oleh banyak orang. “Kalau kamu mau dapat hal baik, harus melakukan yang terbaik. Termasuk edukasi yang baik,” imbuhnya.

Perjalanan Brigita Manohara mendapatkan banyak gelar akademik dimulai dari Surabaya. Gelar pertamanya sebagai sarjana teknik didapat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya). Lalu, dia lulus sebagai sarjana hukum dari Universitas Yos Sudarso Surabaya yang magister hukumnya dilanjutkan didapat dari UI. Sedangkan gelar magister ilmu komunikasi, didapatnya dari Universitas dr Soetomo Surabaya.

Selesainya studi S3 Brigita Manohara mendapat apresiasi dari Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang datang pada sidang terbuka itu. “Saya ucapakan selamat untuk adinda Brigita Manohara yang hari ini telah menempuh  pendidikan S3-nya. Saya tahu, di UI ini nggak gampang. Apalagi, di tengah kesibukannya sebagai presenter, tapi masih sempat belajar,” kata Bahlil.

Di tempat yang sama, mantan Menteri Perindustrian yang kini menjadi Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI Saleh Husin juga memberikan selamat. Dia tahu Brigita telah berusaha keras dan serius untuk lulus dari FH UI. “Bersyukur hari ini bisa mempertahankan disertasinya di hadapan para promotor. Midah-mudahan ilmu yg didapatnya bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat banyak,” ujarnya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Saksikan video menarik berikut ini: