alexametrics

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Terlahir untuk Tangani Bencana

3 Mei 2022, 21:38:43 WIB

JawaPos.com – Sepanjang kariernya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah kenyang makan asam garam penanggulangan bencana skala nasional. Misalnya, pada 2004 dia ditugaskan sebagai ketua tim pemulihan dan penanggulangan bencana tsunami Aceh.

Setahun kemudian, pejabat kelahiran Surakarta itu dikirim untuk menangani bencana kelaparan di Yahukimo, Papua. Pada saat itu, bencana tersebut menjadi perhatian secara nasional. Dia juga menjadi ketua tim independen penanganan kerusakan tol Purbaleunyi pada 2006. Yang juga terkenang alumnus Colorado State University USA itu adalah menangani dampak amblesnya tol Cipularang.

”Terakhir, ketua timnas lumpur Lapindo. Sehingga saya bisa saya sampaikan: I was born for disaster,” kenang Basuki. Dia menjadi ketua tim nasional penanggulangan bencana lumpur di Sidoarjo itu pada 2006 hingga 2007.

Dari banyak pengalaman tersebut, Basuki menarik kesimpulan, setiap kali terjadi bencana, akan muncul karakter seseorang. Baik itu karakter personal maupun kualitas leadership-nya. Tak hanya itu, dalam penanganan setiap bencana, semangat yang paling penting adalah cinta.

’’Apa pun kompetensinya, tapi terakhir: love,” tuturnya.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (tau/c7/jun)

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads