alexametrics

Cairkan Suasana Politik, Hasto Pilih Nonton Teater

2 November 2019, 21:33:12 WIB

JawaPos.com – Politik Indonesia baru saja melewat masa-masa tegang usai proses Pemilu 2019 dan pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden hingga 2024 mendatang. Ketegangan antar dua kubu yang bertarung memperebutkan kursi nomor satu di republik ini begitu sangat terasa di berbagai elemen masyarakat.

Berbagai cara dilakukan para politisi untuk menenangkan diri di tengah demokrasi ini. Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto misalnya. Ia memilih nonton teater untuk mencairkan suasana.

Pementasan yang dipilihnya adalah teater berjudul Pemburu Utang karya seniman Butet Kartaradjasa bersama kelompok teaternya, Indonesia Kita. Pagelaran ini digelar di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Sabtu (2/11).

“Politik itu tanpa humor. Yang muncul adalah ketegangan. Makanya kita harus mencairkan suasana,” ucap Hasto.

Hasto menuturkan, dengan hadir di acara tersebut ia bisa mengenal kebudayaan Indonesia dan juga bisa menyerap kritikan masyarakat. “Pentingnya mengangkat persoalan bangsa ini melalui cara sederhana. Melalui humor itu, kritik bisa disampaikan dengan ringan tanpa ada orang yang terbawa perasaannya, dan kemudian tersinggung hingga membuat tindakan kontra. Jadi kami ingin menghadirkan sebuah politik kebudayaan. Dalam kritik tetapi melalui humor,” ungkap Hasto.

Dia menyampaikan, partainya menjungjung tinggi kebudayaan bangsa. Teater dipilih pun karena dasar itu. Selain menyenangkan untuk ditonton, juga melestarikan kebudayaan seni peran.

“Ini yang ditekankan oleh PDI Perjuangan. Politik tanpa kebudayaan, boleh dikatakan seperti di padang pasir, terasa kering, terasa panas. Tapi dengan kebudayaan, memperindah kualitas kebangsaan. Kan semua juga berakar dari nilai kemanusiaan itu,” pungkas Hasto.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads