alexametrics

Jokowi dan Batik Kemerdekaan Serba-74

2 Agustus 2019, 13:02:53 WIB

JawaPos.com – Rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia dimulai. Momen tersebut ditandai dengan penggoresan cucuk canting pada kain sepanjang 74 meter yang dilakukan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana. ”Di pagi hari ini, 1 Agustus 2019, kita memulai untuk membatik sepanjang 74 meter yang sesuai dengan Dirgahayu Kemerdekaan kita ke-74 tahun,” ujarnya.

Acara yang merupakan bagian dari program Batik Kemerdekaan itu digelar di salah satu peron Stasiun Moda Raya Terpadu Bundaran HI, Jakarta. Jokowi bersama Iriana mencoba menggambar pola Garuda Nusantara.

Goresan batik tersebut akan dilanjutkan 74 pembatik. Kegiatan itu berlangsung selama satu bulan. Nanti kain batik tersebut digunakan untuk memperkenalkan budaya Indonesia pada pertemuan internasional. ”Kita berharap warisan pusaka batik ini yang sudah tercatat di UNESCO bisa menjadi sebuah brand Indonesia di kancah internasional,” ucapnya.

Jokowi berharap program tersebut mampu menarik minat masyarakat. Khususnya kalangan muda. Harapannya, muncul para perajin batik baru sebagai regenerasi. Peringatan HUT RI kali ini mengangkat tema SDM Unggul Indonesia Maju. Tema itu disesuaikan dengan visi Jokowi yang hendak berfokus pada pembangunan sumber daya manusia ketika menjalankan periode kedua pemerintahannya.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : far/c20/ayi

Close Ads