alexametrics
Piala Dunia U-20 2021

Piala AFF Ditunda, FIFA Pastikan Piala Dunia U-20 Sesuai Jadwal

31 Juli 2020, 12:00:55 WIB

JawaPos.com – Meski sedang pontang-panting menghadapi pandemi korona, Indonesia tetap diwajibkan bisa mempersiapkan Piala Dunia U-20 dengan cepat dan baik. Sebab, perhelatan akbar sepak bola dunia usia muda itu akan bergulir tepat waktu. Artinya, dipastikan Piala Dunia U-20 kickoff pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Dia mengungkapkan, kepastian tersebut keluar setelah PSSI melakukan rapat virtual dengan FIFA Rabu lalu (29/7). Rapat yang juga dihadiri Presiden FIFA Gianni Infantino dan Senior Vice President FIFA plus Presiden AFC Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa itu meminta Piala Dunia U-20 dihelat sesuai rencana.

Iwan Bule –sapaan Mochamad Iriawan– mengaku sudah memaparkan semua persiapan Indonesia. Mulai renovasi stadion hingga beberapa hal detail lainnya. ’’Dengan dukungan pemerintah yang sangat luar biasa, PSSI terus bekerja keras memastikan Piala Dunia U-20 sesuai rencana,’’ tuturnya.

Rencananya, dalam waktu dekat FIFA juga datang ke Indonesia. Sekitar September hingga Oktober untuk melakukan inspeksi ke enam stadion yang sejauh ini sudah dipilih PSSI. Yakni, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Dalam virtual meeting itu, Presiden FIFA Gianni berharap Indonesia dan negara-negara lain yang masih dalam pandemi korona bisa cepat terbebaskan. FIFA sendiri akan berada di samping untuk terus membantu melewati kondisi sulit ini.

Gianni mengatakan, sebagai rasa persaudaraan, FIFA akan memberikan bantuan kepada anggotanya selama pandemi korona. Bantuan tersebut bakal dicairkan tiga kali, termasuk ke Indonesia. ’’Kami juga akan memberikan kemungkinan dana pinjaman jangka panjang berdasar kesulitan yang dihadapi asosiasi sepak bola anggota kami,’’ ujarnya.

Dia berharap Indonesia benar-benar bisa kuat. Sebab, Piala Dunia U-20 memang harus sesuai jadwal. Hal itu tentu akan sulit karena sebagian besar agenda internasional FIFA tahun ini ditunda pelaksanaannya karena pandemi korona. ’’Kongres FIFA yang seharusnya digelar September tahu ini pun hanya digelar secara virtual,’’ bebernya.

Nah, jika Piala Dunia U-20 sesuai jadwal, hal berbeda justru terjadi pada Piala AFF 2020 yang resmi diundur pada 2021. Dikutip dari laman resmi AFF, mundurnya Piala AFF disebabkan pandemi korona yang masih tetap tinggi di sebagian besar kawasan Asia Tenggara. Karena kesehatan dan keselamatan para pemain, pelatih, mitra turnamen, suporter, dan publik, AFF terpaksa melakukan penundaan Piala AFF dan mungkin baru digelar pada 2021.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads