alexametrics

Kondisinya Sangat Sulit, di Laga Terakhir, Saya Sangat Kelelahan

Taisei Marukawa soal Penampilannya
30 November 2021, 14:07:36 WIB

JawaPos.com-Sudah tiga laga yang dilakoni Persebaya Surabaya pada seri ketiga Liga 1 2021–2022. Tiga laga itu digelar hanya dalam tempo waktu delapan hari. Jeda yang singkat tersebut membuat fisik pemain drop saat melawan Persik Kediri (28/11).

Gelandang Taisei Marukawa tidak menampik hal itu. Dia mengaku kondisinya tidak 100 persen saat menghadapi Persik. ’’Kondisinya sangat sulit. Di laga terakhir, saya sangat kelelahan. Jadi, saya tidak bisa main maksimal,’’ kata pemain asal Jepang itu saat ditemui Jawa Pos setelah berlatih di Lapangan Sriwaru, Solo, kemarin sore.

Apalagi, Taisei rutin jadi starter dalam tiga laga pemungkas. Bahkan, dia selalu bermain full-time dalam dua laga terakhir. Pelatih Persebaya Aji Santoso memaklumi kondisi pemainnya yang menurun dalam laga kontra Persik.

’’Kalau performa pemain naik, kemudian turun, itu wajar. Karena kan tidak mungkin naik terus. Apalagi, recovery pemain sangat minim dalam tiga laga terakhir,’’ jelas Aji kepada Jawa Pos.

Hal itu membuat Aji sempat mempertimbangkan untuk melakukan rotasi. Namun, rencana itu dikaji lagi. Sebab, jeda waktu jelang laga kontra Barito Putera (4/12) cukup lama. Setidaknya, ada waktu lima hari bagi Green Force, julukan Persebaya, untuk melakukan persiapan. Aji tidak menampik persiapan yang lebih panjang sangat menguntungkan timnya.

’’Karena idealnya, jeda antarlaga memang enam hari atau satu pekan. Jadi, persiapan bisa maksimal,’’ jelas pelatih asal Kepanjen, Kabupaten Malang, tersebut. Taisei juga senang dengan jeda yang cukup panjang. Kondisi itu membuat dia bisa mengembalikan kondisi fisiknya. ’’Saya rasa saya akan bisa tampil lebih baik lagi nanti,’’ jelas mantan pemain Noah Jurmala itu.

Jeda lebih lama membuat pemain kunci bisa kembali tampil. Itu artinya, rotasi belum akan dilakukan saat melawan Barito Putera nanti. ’’Kami akan lihat bagaimana perkembangan pemain ke depan,’’ jelas mantan pelatih Persela Lamongan itu. Aji juga berharap penampilan anak asuhnya bisa kembali garang. Sekaligus memperpanjang tren positif.

’’Kalau di laga sebelumnya, kami hanya bisa seri, untuk laga selanjutnya, kami ingin meraih kemenangan,’’ ungkap Aji. Kans untuk memperpanjang tren positif terbuka lebar. Sebab, Barito Putera baru saja dihajar tiga gol tanpa balas oleh Madura United.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c12/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads