alexametrics

Empat Pemain Positif, Persebaya Pilih Libur Latihan

30 September 2020, 13:31:56 WIB

JawaPos.com – Persik Kediri secara terbuka mengumumkan pemain mereka, Andri Ibo, positif Covid-19. Tapi, Persebaya Surabaya memilih bersikap berbeda setelah empat pemain dan dua ofisialnya positif terkena penyakit yang dipicu virus SARS Cov-2 itu.

Manajemen tim berjuluk Green Force tersebut memilih merahasiakan siapa saja mereka. ’’Kami punya pertimbangan untuk tidak menyebut nama-nama itu. Tetapi, kami juga sudah sangat terbuka untuk menyatakan bahwa tim ini ada yang positif,’’ ucap Ram Surahman, sekretaris tim.

Kepastian keempat pemain dan dua ofisial tersebut positif didasarkan hasil uji usap (swab test) yang diadakan PT Liga Indonesia Baru selaku operator Liga 1 dan Liga 2 Sabtu lalu (26/9).

’’Kami juga minta semua pihak menghormati, karena ini juga privasi masing-masing pemain. Dan, juga meminta doa dan dukungan dari semua pihak agar proses ini bisa cepat selesai dan Persebaya bisa melewati ini,’’ imbuh Ram.

Dua kejadian itu kian memperlihatkan betapa berisikonya kompetisi yang diadakan di tengah pandemi yang belum terkendali. Meski protokol kesehatan bakal diterapkan dengan ketat, selalu ada risiko penularan di saat jumlah kasus aktif masih tinggi.

Baca juga: Tak Ada Jaminan Dapat Izin dari Polri meski Liga 1 Diundur Sebulan

Liga-liga top Eropa yang sudah berjalan kembali, dan notabene didukung fasilitas dan protokol memadai, saja masih ’’kecolongan’’. Zlatan Ibrahimovic, bintang AC Milan asal Swedia, mengumumkan bahwa dirinya positif Covid-19 Kamis lalu (24/9). Padahal, saat uji usap sehari sebelumnya, dia negatif.

Persebaya, lanjut Ram, langsung bertindak cepat saat mendapat informasi empat pemain terpapar Covid-19. Mereka langsung mengevakuasi empat pemain tersebut dari mes. Mereka kini tengah menjalani karantina.

’’Kami lakukan treatment dengan baik kepada pemain yang positif. Kami supply, kami support secara kebutuhan vitamin, makanan, dan mental terutama,’’ imbuhnya.

Ram juga menjelaskan, empat penggawa dan dua ofisial tersebut dalam kondisi bugar. Bahkan tidak ada gejala seperti pilek, batuk, demam, atau mati rasa yang biasanya dirasakan pasien Covid-19. ’’Ini mungkin yang dikategorikan orang tanpa gejala dalam istilah medisnya,’’ ucap Ram.

Baca juga: Persebaya Masih Bingung Cari Tempat Berlabuh

Dengan adanya empat penggawanya yang dinyatakan positif, ditambah dengan ditundanya lanjutan Liga 1 2020, Green Force pun memutuskan meliburkan latihan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Namun, mereka tetap mengawasi para penggawanya. Bukan hanya pemain yang tengah menjalani karantina, melainkan juga kepada mereka yang negatif dari Covid-19 dari hasil uji usap Sabtu lalu.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Editor : Ilham Safutra

Reporter : nia/c17/ttg



Close Ads