JawaPos Radar

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa

30/08/2017, 17:31 WIB | Editor: Irawan Dwi Ismunanto
5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
()
Share this image

JawaPos.com - Timnas Indonesia U-22 memang sedang sangat disorot. Memang secara prestasi di SEA Games 2017, medali perunggu yang didapati bukan sesuatu yang teramat spesial. Tapi, melihat permainan para pemain muda, kredit harus diberikan.

Beberapa pemain Indonesia patut disorot. Performa mereka terbilang istimewa. Menurut pandangan Jawapos.com, ada beberapa pilar yang memiliki kesamaan dengan bintang top eropa.

Berikut adalah lima pemain yang punya sedikit banyak kesamaan menurut analisis kami.

Yabes Roni - Raheem Sterling

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
Raheem Sterling adalah pemain yang sangat cepat dan eksplosif (AFP)

Winger Bali United ini memang terkenal dengan kecepatan dan skill individu memikatnya. Yabes beberapa kali menjadi pilihan Milla walau kadang ada rotasi di sektor ini.

Ketika melihat Yabes, sekilas teringat seorang winger milik Manchester City, Raheem Sterling. Sterling memiliki gaya bermain yang eksplosif walau seakan statis seperti Yabes. Tak ayal, kami menganggap keduanya memiliki kemiripan.

Hargianto - Javier Mascherano

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
Javier Mascherano memiliki versatilitas dalam bertahan (AFP)

Hargianto adalah gelandang bertahan utama yang tugasnya sangat berat. Dia adalah sosok pertama yang harus bisa menahan serangan lawan. Dia juga punya jangkauan passing yang brilian.

Hargianto mirip dengan penggawa senior Barcelona, Mascherano. Keduanya senang berduel keras meski tubuhnya tak terlalu besar. Keduanya versatile bisa dimainkan sebagai bek tengah, pun punya efek kejut melalui umpan terukur atau tembakan akurat jarak jauh.

Evan Dimas - Paul Pogba

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
Predikat gelandang komplet pantas dinobatkan kepadanya (AFP)

Jika ada pemain paling potensial di Indonesia, nama Evan Dimas masih berada di urutan pertama. Tak banyak gelandang yang punya visi dan kemampuan seluas dia saat ini.

Evan laiknya andalan Manchester United, Paul Pogba. Dia mampu menjadi box to box yang andal. Tapi, bisa menciptakan atau mengisi ruang demi membuat peluang. Dia menjadi sumber kreasi utama lini tengah.

Septian David Maulana - Marco Asensio

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
Marco Asensio begitu menanjak performanya belakangan ini (AFP)

Awalnya dia tak terlalu diperhitungkan, tapi performa yang sangat apik dan mobilitas serta ketajaman di atas rata-rata membuat sang pemain menjadi salah satu yang paling tajam di timnas dengan tiga gol.

Hal ini mirip dengan kondisi bintang muda Real Madrid, Marco Asensio. Sang pemain awalnya tak terlalu disorot, tapi sejak musim lalu mampu memberikan performa memikat di antara para bintang. Dia juga menonjol performanya musim ini. Gaya bermain keduanya juga sama yakni winger yang bisa menjadi kreator atau gelandang serang.

Ezra Walian - Harry Kane

5 Pemain Indonesia yang Punya Kesamaan dengan Bintang Eropa
Harry Kane adalah striker tertajam Inggris dalam dua musim terakhir (AFP)

Banyak orang kecewa dengan performa Ezra yang dianggap tak bisa mengimbangi kecepatan yang diperlihatkan rekan-rekannya. Tapi, bisa jadi justru sebaliknya, banyak pemain Indonesia yang belum mengerti gaya bermain Ezra.

Sebagai striker dengan tubuh proporsional, Ezra terbilang cukup kuat dan memiliki positioning yang baik. Dia seperti Kane yang selalu mampu memperlihatkan potensi dimanapun berada, bahkan jika dibutuhkan bermain menyamping. Bedanya, Kane tahu cara memanfaatkan peluang dan rekan-rekannya acap memberikan umpan yang matang, sementara Ezra masih belum beradaptasi dan tak ada umpan akurat yang datang kepadanya.

(rap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up