alexametrics

Hendak Ikut Trial ke Valencia, Pemain Muda Persebaya Antusias

30 Juni 2022, 13:43:25 WIB

JawaPos.com-Alta Ballah terlihat begitu serius berlatih kemarin (29/6) pagi bersama skuad Persebaya di Lapangan UNY, Jogjakarta.

Tiap instruksi yang diberikan oleh pelatih Aji Santoso didengarkan dengan baik. Saran dan kritik soal permainannya pun dijalankan.

Alta memanfaatkan betul pemusatan latihan bersama Persebaya di Jogjakarta. Selain bersiap menghadapi kompetisi, mantan pemain Persita Tangerang itu juga mencari bekal untuk menjalani trial di klub liga teratas Spanyol, Valencia.

”Tanggal 15 Juli saya berangkat ke sana,’’ jelasnya. Persiapan fisik, teknik, dan pemahaman taktik sudah dilahapnya sejauh ini. ”Mental juga, soalnya ini di luar negeri. Pasti berbeda,’’ terangnya.

Apalagi, dia tidak sendirian dalam menjalani trial. Ada beberapa pemain lain yang juga punya mimpi sama dengannya. Bisa menembus skuad Valencia. ”Yang penting, saya kerja keras dulu. Lolos atau tidak urusan belakangan,’’ tegasnya.

Pemain bernama lengkap Altariq Erfa Aqsal Ballah itu yakin soal adaptasi tidak akan ada kesulitan. Khususnya soal makanan.

”Karena saya di rumah kan sudah biasa makan makanan sana. Orang tua selalu siapkan makanan aneh-aneh seperti itu,’’ ungkapnya.

Dia juga merasa beruntung bisa berangkat ke Spanyol pertengahan Juli. Sebab, cuaca di Negeri Matador itu sedang bersahabat. ”Di sana musim panas. Jadi aman, sama seperti di sini,’’ ujarnya.

Alta mengaku mendapat beberapa pesan khusus dari pelatihnya, Aji Santoso. Mantan pelatih Persela itu berpesan agar Alta menyiapkan mental ketika trial. ”Juga harus ingat hal-hal dasar dari sepak bola. Sepele sih, tapi itu justru yang paling penting,’’ jelas pemain kelahiran 30 Desember 2000 itu.

Kurang lebih dua minggu, Alta akan menjalani trial. Sangat mungkin dia tidak bisa ikut pada pertandingan perdana Green Force di Liga 1. ”Setelah itu, kembali lagi di Persebaya, main di sini,’’ bebernya.

Alta menegaskan sudah siap jika nanti tidak lolos trial. Dia juga tidak akan kapok untuk terus mencoba trial ke luar negeri. ”Karena mimpi saya ingin main di Eropa. Jadi, saya akan terus belajar,’’ harapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c6/ali

Saksikan video menarik berikut ini: