alexametrics

Persiraja Gelar Laga Penghormatan untuk Mendiang Irwansyah

30 Maret 2019, 11:09:50 WIB

JawaPos.com – Persiraja menghormati legenda mereka, Irwansyah, yang meninggal dunia saat gempa dan tsunami menerjang Aceh pada 2004 silam. Pada Sabtu (30/3) sore WIB, klub yang bermarkas di Stadion H Dimurthala, Banda Aceh ini akan menggelar laga penghormatan untuk mendiang Irwansyah di lapangan Seri Musim, Lampuuk, Aceh Besar.

Pertandingan bertajuk “Tribute to Irwansyah” ini sudah direncanakan jauh hari oleh Presiden Persiraja, Nazaruddin Dek Gam bersama manajemen tim. Pada Kamis (28/3) sore, manajemen Persiraja berkunjung ke rumah mendiang Irwansyah untuk mengundang keluarga.

Sekum Persiraja, Rahmat Djailani, tim pelatih yang diwakili Effendi HT yang juga sahabat masa kecil Irwansyah, dan Media Officer Persiraja, Ariful Usman, datang mengundang keluarga untuk pertandingan tersebut. Direncanakan digelar di lapangan Seri Musim, Lampuuk, Persiraja akan menghadapi Seri Musim yang merupakan tim yang pernah membesarkan Irwansyah pada masa itu.

Kakak kandung Irwansyah, Nina Kusuma (54 tahun) menyambut baik kedatangan manajemen Persiraja. Dia bercerita banyak hal tentang masa hidup Irwansyah sebelum musibah tsunami menerjang Aceh. Irwansyah, salah penyerang ternama di Indonesia, menjadi korban dalam musibah tersebut.

Nina mengatakan Irwansyah adalah sosok yang sangat setia. “Dek Wan – sapaan akrab Irwansyah, tidak tergoda dengan tawaran dari tim lain. Pernah dia bercerita kalau dirinya diminta untuk bergabung dengan Persija Jakarta dan Persib Bandung. Tapi ia tolak karena cinta dengan rakyat Aceh dan Persiraja,” kata Nina seperti dilansir Rakyat Aceh (Jawa Pos Group).

Sementara itu, Sekum Persiraja, Rahmat Djailani berharap pertandingan yang rencananya kick off pukul 16.15 tersebut menginspirasi pemain-pemain muda di Aceh.

“Ini adalah kegiatan yang sangat emosional. Irwansyah adalah pemain hebat pada masanya, selalu masuk dalam jajaran top skorer di Liga Indonesia. Saat ini sudah sangat sulit ditemui pemain seperti Irwansyah di Aceh, Indonesia sekalipun,” kata Rahmat.

Ketajaman Irwansyah membawa Persiraja ke persaingan elite sepak bola nasional. Sebanyak 54 gol yang dicetaknya dalam 4 musim di Liga Indonesia, membawa striker kelahiran 19 Mei 1975 ini masuk dalam seleksi tim nasional SEA Games 1997.

Pada 26 Desember 2004 menjadi akhir perjalanan hidup Irwansyah. Jasadnya hilang diterjang tsunami bersama lebih 200 ribu korban tsunami Aceh lainnya.

Editor : Edy Pramana

Persiraja Gelar Laga Penghormatan untuk Mendiang Irwansyah