JawaPos Radar | Iklan Jitu

Lapangan Persebaya Adalah Ikon Sepak Bola Surabaya, Jangan Diusik

29 Desember 2017, 23:00:34 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Lapangan Persebaya Adalah Ikon Sepak Bola Surabaya, Jangan Diusik
Ketua DPRD Kota Surabaya menyebut Lapangan Persebaya sebagai legenda sepak bola Kota Pahlawan (Angger Bondan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Ketua DPRD Kota Surabaya, Armuji geram mendengar rencana Pemkot Surabaya yang ingin menyulap Lapangan Persebaya yang ada di Karanggayam menjadi lapangan futsal. Menurut Armuji, Lapangan Persebaya harus tetap diperuntukkan sepak bola, bukan cabang olahraga (cabor) yang lain.

Armuji tercengang ketika mendengar keterangan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Surabaya, Afghani Wardhana tentang proyek pembangunan Lapangan Persebaya menjadi lapangan futsal, serta Stadion Gelora 10 Nopember sebagai lapangan panahan.

"Lapangan Persebaya seharusnya untuk sepak bola, tidak boleh dicampur aduk dengan futsal atau cabang yang lain. Kalau dicampur futsal dan panahan, ya rusak semua. Saya akan panggil Cipta Karya untuk merevisi (rencana itu)," ucap Armuji dengan nada tinggi.

Dia juga tak habis pikir dengan penuturan Afghani bahwa Pemkot Surabaya berencana membangun jembatan (terowongan) bawah tanah yang menghubungkan Lapangan Persebaya dengan Gelanggang Remaja yang terletak di Jalan Bogen.

"Saya baru dengar akan ada terowongan di sana. Kalau banjir bagaimana?" tanya Armuji. Pihak Dispora hanya mematung mendengar pertanyaan tersebut.

Armuji menegaskan, rencana Pemkot Surabaya menyulap Lapangan Persebaya dan Stadion Gelora 10 Nopember menjadi sarana olahraga lain adalah sebuah kekeliruan besar. Apalagi rencana tersebut tidak pernah disampaikan ke stakeholder sepak bola di Kota Pahlawan maupun DPRD Surabaya.

"Lapangan itu harus dipakai untuk Persebaya Surabaya dan anggota Persebaya. Omong kosong untuk (lapangan) futsal dan pembinaannya. Karena idola kita itu Persebaya. Titik," ucapnya. Menurutnya, Kota Surabaya sudah memiliki banyak lapangan futsal dan tersebar di semua kecamatan.

Lapangan Persebaya yang berada di Karanggayam adalah ikon sepak bola Surabaya selama lebih dari separuh abad. Armuji ingin Pemkot Surabaya juga melihat fakta tersebut. Karanggayam, lanjut Armuji, sama-sama melegenda seperti di Lapangan Thor yang kondang dengan lintasan atletiknya.

"Seperti Lapangan Thor, itu khusus atletik. Lapangan Thor adalah ikon atletik di Surabaya. Karanggayam juga harus seperti itu," tegasnya.

(saf/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up