alexametrics
Liga 1 2019

Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal Tidak Baca Koran dan Medsos

29 Oktober 2019, 14:30:57 WIB

JawaPos.com – Beragam kritik muncul di media mainstream maupun media sosial. Kritik itu ditujukan kepada Wolfgang Pikal. Maklum, Green Force –julukan Persebaya– tidak pernah meraih kemenangan dalam lima laga pemungkas. Namun, Pikal tidak terusik. Sebab, pelatih 51 tahun itu memilih tidak acuh dengan media massa maupun medsos. ’’Saya pribadi tidak pernah baca koran dan media sosial. Saya belajar itu dari (Alfred) Riedl,’’ kata Pikal. ’’Dengan begitu, saya lebih gampang fokus ke tugas saya,’’ lanjutnya.

Pikal enggan menanggapi beragam kritik yang ada. Sebab, dia fokus memperbaiki performa tim di lapangan. ’’Saya harus membenahi tim ini, baik dari segi teknik maupun taktik. Itu fokus saya,’’ jelas pelatih asal Austria itu.

Persebaya Surabaya

Dia juga tidak mau terpengaruh dengan tekanan Bonek. Setelah kalah 0-1 dari Persela Lamongan Rabu (23/10), teriakan Pikal out sempat menggema di Stadion Surajaya, Lamongan. Pikal tahu akan hal itu. Namun, dia berharap Bonek tetap mendukungnya saat laga kontra PSS Sleman sore nanti. ’’Saya selalu hormat dengan Bonek. Saya harap mereka support kami 100 persen. Soalnya, kami mau bangkit, kami butuh support Bonek,’’ tegas mantan pelatih Persitara Jakarta Utara itu.

Sayangnya, dalam laga ini, Pikal harus bekerja sendirian. Dia belum bisa ditemani sang asisten Bejo Sugiantoro. Mantan bek Persebaya itu masih mengikuti modul kedua lisensi pelatih A AFC. Bejo baru menemani Pikal saat Green Force menghadapi Tira Persikabo pada 7 November.

Sejatinya masih ada Uston Nawawi. Pelatih Persebaya U-20 itu kini membantu Pikal melatih tim senior. Namun, Uston tidak bisa mendampingi Pikal di bench. Sebab, mantan gelandang Persebaya tersebut tidak terdaftar di jajaran pelatih Green Force musim ini. Meski begitu, Pikal mengaku tidak masalah. ’’Persiapan kami lancar. Kami maksimalkan waktu empat hari sebelum laga,’’ kata Pikal.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads