alexametrics
Liga 1 2019

Pikal Pakai Kurir untuk Instruksi Taktik Persebaya Saat Lawan Barito

29 September 2019, 11:00:28 WIB

JawaPos.com – Dua menit sebelum Rendi Irwan masuk lapangan, Noor Arief Budiman turun dari tribun VIP Stadion Demang Lehman, Martapura. Staff pelatih Persebaya itu lantas berjalan mendekat ke bangku cadangan tim berjuluk Green Force tersebut. Sejurus kemudian Noor tampak berbincang dengan Asisten Pelatih Persebaya Bejo Sugiantoro. Perbincangan yang singkat, tapi sarat pesan untuk Bejo.

Sepintas Noor sepertinya sedang menyampaikan pesan Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal kepada Bejo. Sebab, sejak awal pertandingan, dia duduk di samping Pikal di tribun VIP. Noor terlihat beberapa kali mencatat omongan pelatih asal Austria tersebut. Dan catatan-catatan tersebut yang sepertinya disampaikan ke Bejo saat keduanya berbincang di pertengahan babak kedua. Sebab, setelah perbincangan tersebut Bejo melakukan pergantian pemain. Menarik keluar Irfan Jaya dan memasukkan Rendi pada menit ke-75.

Persebaya Surabaya

Tidak lama setelah pergantian itu, Persebaya kembali melakukan perubahan. Mereka memasukkan Misbakus Solikin dengan menarik keluar bek kanan Abu Rizal Maulana. “Memang benar saya tadi turun untuk menyampaikan pesan coach Pikal,” aku Noor. “Ya semacam kurirlah,” tambahnya.

Bejo pun tidak memungkiri kalau Pikal mengirim pesan lewat “kurir” kepadanya di tengah laga. “Penentuan pemain dan taktikal semua dari coach Wolfgang Pikal. Termasuk ketika harus mengganti pemain,” ujar pria yang semasa aktif bermain berposisi sebagai libero tersebut.

Bejo menambahkan soal jumpa pers pun apa yang disampaikan dirinya ke hadapan wartawan bukan murni pernyataannya. “Saya hanya menyampaikan pesan coach saja. Sebab, tugas saya sebagai asisten adalah membantunya. Karena coach belum mendapat pengesahan, maka saya yang mewakili. Tapi, semuanya adalah keputusan coach,” paparnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Fim/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads