alexametrics
Piala Presiden 2022

RANS Dibantai 0-3, Pelatih Bantah Kelelahan karena Trofeo Ronaldinho

29 Juni 2022, 12:33:55 WIB

JawaPos.com-Tampil dalam pertandingan trofeo bersama Ronaldinho di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, di sela-sela perhelatan Piala Presiden 2022 grup B yang digelar di Samarinda, Kalimantan Timur, ternyata tidak mudah bagi RANS Nusantara FC.

Tim berjuluk The Prestige Phoenix itu akhirnya gagal melangkah ke babak delapan besar setelah kalah telak 0-3 oleh Borneo FC Samarinda kemarin sore di Stadion Segiri, Samarinda.

Namun, pelatih RANS Nusantara FC Rahmad Darmawan menilai timnya kalah bukan karena faktor stamina. Sebelum berlaga di Malang, RD –sapaan akrab Rahmad Darmawan– sudah berhitung secara matang.

”Pemain yang hari ini main ada beberapa yang hanya tampil separo saat trofeo di Malang. Salah satunya Jujun Junaedi. Kami juga sudah memberikan treatment recovery. Jadi, saya rasa kami kalah bukan karena itu (kelelahan, Red),” ucap RD setelah pertandingan.

Mantan pelatih Sriwijaya FC itu sudah berusaha mengimbangi perlawanan Pesut Etam –julukan Borneo FC. RD sempat memainkan skema tiga bek untuk mempersulit ruang gerak lawan.

Namun, Borneo FC mampu menemukan cara untuk mengatasi skema permainan The Prestige Phoenix. Akhirnya, Borneo FC melesakkan tiga gol. Dua dari tiga gol itu diceploskan Stefano Lilipaly pada menit ke-65 dan melalui titik putih pada menit ke-85. Satu gol kemenangan Borneo FC lainnya diciptakan Matheus Pato (51’).

”Saya berterima kasih atas kerja keras semua pemain. Kami sudah berusaha maksimal. Tapi, hasil ini tentu masuk dalam catatan saya. Kami harus lebih fokus dan sabar saat menghadapi pemain-pemain cepat lawan,” ungkap mantan pelatih Persikota Tangerang tersebut.

Kemenangan atas The Prestige Phoenix membuat Borneo FC lolos ke babak delapan besar Piala Presiden sebagai juara grup B. Pada babak perempat final nanti, Pesut Etam dijadwalkan bertemu wakil Sulawesi yang menjadi runner-up grup D PSM Makassar.

Pertandingan tersebut rencananya digelar pada 3 Juli di Stadion Segiri.

Pelatih Borneo FC Milomir Seslija sangat antusias menghadapi Juku Eja –julukan PSM. Apalagi, Milo –sapaan akrab Milomir Seslija– pernah melatih klub tersebut.

”Saya memprediksi pertandingan nanti berjalan ketat dan menarik. Apalagi, pertandingan perempat final hanya dimainkan satu leg. Kami harus mempersiapkan diri dengan baik,” ucap pelatih asal Bosnia tersebut.

Di pertandingan lain, Persija Jakarta menjadi satu-satunya tim yang gagal merah kemenangan sepanjang fase grup B Piala Presiden. Catatan minor itu semakin panjang setelah Macan Kemayoran –julukan Persija– kalah 1-2 di tangan Madura United.

Gol kemenangan Laskar Sape Kerrap –julukan Madura United– ke gawang Persija diciptakan Alberto Goncalves (45+2’) dan Cleberson Martins (79’). Sementara itu, gol tunggal Persija dicetak Frengky Deaner Missa pada menit ke-89.

”Selamat buat Madura United sudah memenangi laga ini. Kami hari ini (semalam, Red) mainkan pemain muda di lapangan. Menurut saya, bagaimana cara kami main hari ini (semalam) bagus,” ucap pelatih Persija Thomas Doll.

“Cara bertahan kami cukup bagus. Hanya, masih ada celah sehingga kami kebobolan dua kali. Kami akan bekerja keras agar bisa lebih baik setelah ini,” tambah Doll.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini: