alexametrics

Tahun Depan, Klub Tidak Bisa Pindah Markas dan Ganti Nama Lagi

29 Mei 2019, 14:39:54 WIB

JawaPos.com – Klub sepak bola Indonesia sudah tak bisa berganti nama dan homebase lagi mulai 2020. PSSI bakal segera mengatur regulasi soal keanggotaan pada kongres tahun depan.

Belakangan, perubahan nama dan kandang sangat ramai di kompetisi Tanah Air. Pada kompetisi Liga 1 tahun ini, dua klub yang mengusung nama baru adalah Tira-Persikabo dan Perseru Badak Lampung FC.

Pada strata Liga 2, beberapa klub juga kabarnya akan pindah markas lantaran krisis keuangan. Aceh United bakal berganti menjadi Babel United, dan Bogor FC hijrah jauh ke Manado menjadi Sulut United.

“Tahun 2020 akan keluar regulasi keanggotaan. Ketika pendaftaran klub keanggotaan yang terkait dengan homebase, nama homebase tidak akan bisa dipindahkan. Apabila ada merger atau jual beli, yang di-merger atau jual beli itu entitas, badan hukum. Bukan klubnya,” ungkap Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria.

Regulasi ini akan diberlakukan karena, menurut Tisha, semua klub yang sudah berganti nama tetap memiliki status keanggotaan di PSSI. Artinya, misalkan ada sebuah klub yang sudah tiga kali berganti nama, dua nama yang sudah ditinggalkan tetap terdaftar di PSSI.

“Karena klub seyogyanya itu nama statusnya seperti Bogor FC, Perseru, Persikabo masih ada. Melekat keanggotaan di PSSI,” tutup dia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Indra Eka Setiawan



Close Ads