alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya Bisa Mainkan Penggawa Timnas U-22 Kontra PSIS

29 Mei 2019, 20:25:48 WIB

JawaPos.com – Pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurdjaman akhirnya bisa bernapas lega. Sebab, dispensasi yang diajukan untuk pemain Timnas U-22 dikabulkan. Artinya, Osvaldo Haay, Rachmat Irianto, dan Alwi Slamat bisa turun saat Green Force bersua PSIS Semarang, Kamis (30/5) malam WIB.

Sebelumnya, Djanur memang sudah melakukan komunikasi dengan pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri. Tapi, kepastian dispensasi baru diberikan. Padahal, rencananya, tiga pemain itu sudah harus bergabung dengan Timnas U-22, Selasa (28/5).

“Tapi kami sudah dapat izin. Kami diberi tiket pesawat (untuk training center) tanggal 31 Mei. Setelah laga (lawan PSIS) kami berangkat,” kata Osvaldo.

Kondisi itu membuat Djanur cukup senang. Apalagi, beberapa pemain yang sebelumnya kurang fit sudah dalam kondisi oke. Salah satunya adalah Misbakus Solikin. Sebelumnya, dia sempat mengeluh nyeri pada bagian engkel kanan. Tapi, dia sudah melakoni latihan secara penuh di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (28/5).

Selain itu, winger Oktafinus Fernando juga sudah pulih. Sebelumnya, dia diprediksi tidak bisa bermain dalam laga kontra PSIS, Kamis (30/5). Tapi, kondisinya sudah mulai membaik. Sama dengan Misbakus, pemain yang akrab disapa Ofan itu juga sudah berlatih secara penuh.

“Praktis hanya Miswar (Saputra), (Otavio) Dutra, dan Amido Balde yang masih belum bisa turun karena cedera,” kata mantan pelatih Persib Bandung itu.

Hadirnya Ofan membuat opsi di lini depan bertambah. Untuk posisi ujung tombak, Djanur kemungkinan akan memasang Manuchekhr Dzhalilov. Skema itu sudah dijajal dalam latihan Selasa (28/5). Sementara Irfan Jaya dan Osvaldo dipasang di posisi asli sebagai winger. Bagi Osvaldo, bermain di posisi manapun tak jadi masalah.

“Yang jelas kami harus fokus untuk mendapat hasil maksimal,” kata pemain 20 tahun itu.

Namun, tak mudah mengalahkan PSIS. Sebab, tim tamu datang dengan kepercayan diri tinggi. Kemenangan 2-1 atas juara bertahan Persija Jakarta (26/5) menjadi penyebabnya. Skuad PSIS bahkan sudah tiba di Surabaya, Selasa (28/5) malam. Mereka juga sudah bisa diperkuat gelandang asal Jepang, Shohei Matsunaga.

Sebelumnya, pemain 30 tahun itu memang absen dalam dua laga pembuka bersama PSIS. Itu karena skorsing kartu merah yang diterima musim lalu. “Pada surat yang ada, hukuman hanya diberikan selama dua laga. Makanya saat lawan Persebaya 100 persen dia (Matsunaga) sudah bisa main,” kata CEO PSIS, Yoyok Sukawi.

Pelatih PSIS, Jafri Sastra cukup senang dengan adanya Matsunaga. Sejatinya, mantan pemain Persela Lamongan itu sudah disiapkan untuk laga kontra Persija (26/5). “Sudah kami masukkan ke skema permainan,” katanya.

Akan tetapi, ternyata Matsunaga masih belum bisa tampil. Nah, hadirnya Matsunaga kontra Persebaya diyakini bakal membuat lini tengah PSIS lebih hidup.

Editor : Edy Pramana

Reporter : gus/nur



Close Ads