alexametrics

Jago Tepis Penalti, Abdul Rohim Bikin Persebaya Merasa Tenang

29 Maret 2019, 10:04:25 WIB

JawaPos.com – Laga babak 8 besar Piala Presiden 2019 antara Persija Jakarta vs Kalteng Putra, Kamis (27/3) yang harus diakhiri dengan adu penalti membuat kubu Persebaya bersiap menjalani hal yang sama. Beruntung, kini di bawah mistar Persebaya ada Abdul Rohim. Sosok yang justru pernah membuat Persebaya tersingkir lewat adu penalti.

Ya, Abdul Rohim pernah menjadi mimpi buruk bagi Persebaya Surabaya pada Piala Presiden tahun lalu. Saat itu, Persebaya kandas di babak 8 besar melalui adu penalti kontra PSMS Medan.

Rohim yang ketika itu menjadi kiper PSMS, mampu menepis empat tembakan algojo Persebaya. Mulai dari Ferinando Pahabol, Otavio Dutra, Abu Rizal Maulana, serta Osvaldo Haay.

Nah, dari fakta tersebut, Bonek tak perlu gundah dan gelisah andai laga sore nanti harus diakhiri dengan adu penalti. Sebab, Rohim sudah punya pengalaman menghadapi babak tos-tosan.

Modal lainnya, kiper yang juga anggota TNI itu, pernah menggagalkan eksekusi penalti bomber PS Tira-Persikabo, Loris Arnaud. Itu terjadi pada laga terakhir Grup A di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung (12/3).

Di luar kemampuannya menepis penalti, Rohim punya catatan yang tak kalah mentereng saat berada di bawah mistar. Tiga kali turun sebagai starter Rohim baru kebobolan dua kali dan dua kali mencatatkan cleansheet.

“Tentu siap kalau diturunkan. Tim pelatih juga sudah memberikan materi tersebut (adu penalti, red) saat latihan,” kata kiper berusia 26 tahun itu.

”Intinya penalti kan kami berhadapan di situasi mental yang benar-benar harus teruji. Itu harus lebih tenang, jangan panik,” tandas Rohim.

Kiper kelahiran Labuhanbatu tersebut mempunyai cara tersendiri untuk mengecoh konsentrasi algojo lawan. Dia memilih melakukan intimidasi lewat tatapan ke arah penendang.

”Kalau gestur khusus sih nggak ada. Mungkin lebih melihat ke si penendang saja. Tatapan intens gitu,” pungkasnya.

Editor : Agus Dwi W

Reporter : (nia/bas)



Close Ads
Jago Tepis Penalti, Abdul Rohim Bikin Persebaya Merasa Tenang