alexametrics
Bursa Transfer Liga 1 2020

Angga Bergabung, Kiper Komplet, Persebaya Tinggal Tunggu Abduh

29 Januari 2020, 07:00:21 WIB

JawaPos.com – Tuntas sudah polemik transfer Angga Saputro. Kiper 26 tahun itu akhirnya resmi menjadi milik Persebaya Surabaya. Angga bahkan sudah bergabung dalam sesi latihan Persebaya di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, kemarin sore.

Ending yang melegakan. Sebab, transfer Angga sempat bermasalah. Dia tidak dilepas klub lamanya, Tira Persikabo. Padahal, Persebaya sudah mendapatkan tanda tangan pemain kelahiran 30 November 1993 itu. Tapi, setelah melakukan proses negosiasi, Angga akhirnya bisa ke Persebaya. ’’Status dia (Angga) pemain Persebaya,” kata Manajer Persebaya Candra Wahyudi.

Persebaya Surabaya

Hal itu disambut baik oleh pelatih Persebaya Aji Santoso. Hadirnya Angga membuat Persebaya kini punya tiga kiper. Selain Angga, ada Rivky Mokodompit dan Ernando Ari. ’’Dengan begitu, kebutuhan kiper sudah terpenuhi,” ujar pelatih 49 tahun tersebut. Hanya, Persebaya punya kendala. Sebab, Ernando akan sering absen. Maklum, pemain asal Semarang itu menjadi langganan timnas U-19. ’’Tidak masalah, nanti kami bisa pakai kiper Persebaya U-20 untuk latihan,” tambah Aji.

Sayang, kehadiran Angga belum diikuti Abduh Lestaluhu. Padahal, sama dengan Angga, Abduh sudah teken kontrak dengan Persebaya. Soal itu, manajemen Persebaya masih terus berupaya mendatangkan pemain 26 tahun tersebut. Komunikasi dengan institusi TNI terus dilakukan. ’’Masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Artinya menyangkut intitusi tempat Abduh bekerja. Itu yang harus diselesaikan,” terang Candra.

Aji cukup yakin Abduh bisa segera bergabung dengan skuadnya. ’’Semoga cepat selesai. Karena memang Abduh kan sudah tanda tangan kontrak dengan kami (Persebaya),” jelas Aji. Kedatangan Abduh memang sangat ditunggu. Maklum, saat ini Persebaya hanya punya Nasir sebagai bek kiri murni. Kehadiran Abduh akan membuat sisi kiri pertahanan Green Force yang ditinggal Ruben Sanadi kembali kukuh. Musim lalu, Abduh mencatatkan 1 gol, 72 intersep, dan 31 sapuan dari 28 laga.

Sejatinya, Persebaya masih memiliki satu bek kiri lagi. Dia adalah mantan pemain Perseta Tulungagung Frank Rikhard Sokoy. Tapi, pemain asal Papua itu masih berstatus trial. Aji sebenarnya tertarik dengan performa pemain 22 tahun tersebut. ’’Anak ini (Frank) cukup punya prospek ke depannya,” kata mantan bek kiri Persebaya itu.

Tapi, Aji belum mau buru-buru mengontrak Frank Rikhard. Alasannya, Frank Rikhard baru dua kali berlatih dengan skuad Green Force. Lagi pula, Aji masih menunggu kepastian Abduh mendarat di Surabaya. Nah, selama itu, Aji akan memberikan waktu kepada Frank untuk tetap berlatih dengan Persebaya. ’’Kalau memang bagus, nanti saya komunikasikan dengan manajemen (untuk dikontrak),” tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Artinya, Frank bisa saja masuk skuad Persebaya saat melakoni uji coba. Persebaya memang berencana melakukan uji coba dalam waktu dekat. ’’Kami akan uji coba dulu dengan tim internal,” sebut Aji. Setelah itu, Green Force baru menjajal Sabah FA. Laga itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (8/2). Laga tersebut sekaligus menjadi launching tim sebelum mengarungi Liga 1 musim 2020.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads