alexametrics
Pelatih Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Tidak Khawatir Adaptasi, Baru Bisa Bilang Terima Kasih

28 Desember 2019, 16:00:35 WIB

JawaPos.com – Setelah dua hari berada di Jakarta, kemarin (27/12) Shin Tae-yong bertemu dengan Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan. Keduanya bertemu di salah satu hotel mewah di kawasan Senayan, Jakarta. Pertemuan mereka pun digelar secara tertutup. Shin Tae-yong yang mengenakan setelan jas abu-abu hanya tersenyum saat disapa awak media.

Sementara itu, Iwan Bule –sapaan Moch. Iriawan– ketika ditemui seusai rapat mengatakan, hingga kemarin belum ada kesepakatan kontrak antara PSSI dan Shin Tae-yong. Artinya, belum ada perjanjian kerja sama hitam di atas putih. Penandatanganan kontrak baru dilakukan hari ini di Stadion Pakansari Bogor sembari menonton final Liga 1 Putri antara PS Tira Persikabo melawan Persib Bandung.

”Belum, tadi kan masih membahas kekurangan timnas bagaimana,” terang Iwan Bule. Saat menemui Shin, Iwan Bule ditemani Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, Sekjen Ratu Tisha, dan Direktur Teknik Danurwindo.

Kabarnya, pelatih berusia 50 tahun itu akan dikontrak tiga tahun. Dua jabatan sekaligus diberikan, yakni pelatih kepala dan manajer. Shin juga tidak hanya melatih timnas senior. Dia juga akan menangani timnas U-19 yang bakal ikut Piala Dunia U-20 pada 2021.

Seusai rapat, Shin menyatakan bakal hadir di Stadion Pakansari sore nanti. ”Ya, besok (hari ini, Red) saya akan ke pertandingan. Setelah itu saya akan pulang dulu ke Korea,” ungkapnya.

Shin tidak menampik bahwa dirinya memang sudah tahu beberapa informasi mengenai sepak bola Indonesia. Tapi, dia tetap butuh beradaptasi. Terutama soal komunikasi. ”Soal belajar bahasa, saya akan belajar pelan-pelan. Yang saya bisa ucapkan baru ’terima kasih’ saja,” ungkapnya.

Disinggung soal perbedaan, terutama cuaca, bagi Shin memang ada perbedaan. Tapi tidak terlalu besar. Dia mengaku nyaman berada di Indonesia. ”Jadi, untuk adaptasi tidak ada masalah,” terangnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads