alexametrics
Liga 1 2019

Persebaya vs Semen Padang: Waspada Lawan Tim yang Sedang Cari Selamat

28 November 2019, 11:45:18 WIB

JawaPos.com – Semen Padang menjadi kandidat kuat tim yang bakal terdegradasi ke Liga 2 musim depan. Saat ini tim berjuluk Kabau Sirah itu terpuruk di dasar klasemen sementara Liga 1 dengan poin 27 dari 28 pertandingan. Meski begitu, Persebaya Surabaya ogah menganggap remeh ketika kedua tim bentrok di Stadion Batakan, Balikpapan, sore nanti (live Indosiar pukul 15.30 WIB).

Justru, kondisi tersebut harus membuat skuad Green Force –julukan Persebaya– waspada. Karena mereka pasti ingin cari kemenangan untuk selamat dari ancaman degradasi. ”Karena itu, apa pun yang terjadi, kami harus tetap kerja keras,” kata Ruben Sanadi, kapten Persebaya.
Pemain berusia 32 tahun itu menyatakan, dirinya dan rekan-rekannya sudah sangat siap untuk bermain dan melanjutkan tren positif tim. ”Kami siap menerapkan apa yang diinstruksikan pelatih,” tambah Ruben.

Persebaya Surabaya

Pelatih Persebaya Aji Santoso sependapat dengan Ruben. Dia meminta anak asuhnya untuk tidak terkecoh dengan posisi Semen Padang di klasemen. Apalagi, Kabau Sirah pernah membuat kejutan. Mereka pernah menumbangkan Persija Jakarta 2-1 di Stadion Patriot, Bekasi (16/10). ”Tidak mudah mengalahkan Semen Padang. Makanya, saya minta anak-anak tetap fight. Jangan remehkan lawan,” tegas pelatih 49 tahun itu.

Kebetulan, kondisi mental penggawa Green Force tengah menanjak. Sebab, mereka berhasil meraih dua kemenangan beruntun. Yakni, menang 3-2 atas PSM Makassar (14/11) dan 1-0 atas Persipura Jayapura (24/11). Kans untuk meneruskan tren positif kian terbuka lantaran Persebaya akan tampil dengan kekuatan penuh.
Lima pemain yang sebelumnya absen siap diturunkan. Mereka adalah Otavio Dutra, Aryn Williams, M. Hidayat, Irfan Jaya, dan Novan Sasongko. ”Saya senang pasukan kami lengkap. Mudah-mudahan kami bisa menjaga tren positif,” papar Aji Santoso. Dalam tiga laga sebelumnya, Aji selalu tidak bisa menurunkan skuad terbaik. Nah, di laga nanti sore, ada kans bagi lima pemain yang baru datang untuk tampil sebagai starter.

Apalagi, ada pemain yang masih kurang fit. Salah satunya adalah winger Oktafianus ”Ofan” Fernando. ”Ofan belum 100 persen,” katanya. Meski begitu, Aji sama sekali tidak khawatir. Sebab, posisi Ofan bisa digantikan Irfan Jaya. Kondisi pemain 23 tahun itu juga sangat fit. Kehadiran Irfan tentu sangat melegakan. Dia merupakan top scorer tim dengan torehan 7 gol. Dia akan berkolaborasi dengan David da Silva yang tengah on fire. Striker plontos itu mencetak tiga gol dari dua laga terakhir. ”Kami lihat sampai besok pagi (hari ini, Red) siapa yang lebih siap turun,” kata Aji.

Bukan hanya Persebaya yang tampil full team. Semen Padang juga sama. Terlebih, mereka baru saja menang 1-0 atas Kalteng Putra (21/11). Karena itu, performa oke Persebaya di dua laga terakhir sama sekali tak membuat Semen Padang keder. ”Persiapan kami sudah sangat maksimal. Kami akan coba meraih tiga poin. Itu sesuatu yang tidak mustahil diraih,” kata Eduardo Almeida, pelatih Semen Padang.

Eduardo menyatakan, kemenangan sangat penting bagi timnya. Sebab, dia ingin membawa Semen Padang lolos dari jerat degradasi. Menurut dia, kans untuk bertahan di Liga 1 masih terbuka. Syaratnya, tim racikannya harus menyapu bersih enam laga sisa. Termasuk kontra Persebaya malam ini. ”Dan itu perlu kerja keras. Kami akan anggap enam laga itu sebagai final,” terang pelatih asal Portugal tersebut.

Semen Padang

Kapten Semen Padang Dedi Gusmawan menyatakan siap habis-habisan untuk poin maksimal. Sebab, dia sadar posisi timnya sedang di ujung tanduk. ”Makanya, setiap laga kami harus dapat poin. Minimal imbang lah,” tegas Dedi. Kondisi itu jelas sangat berat bagi Semen Padang. Meski begitu, Dedi meminta rekan-rekannya tetap tenang. ”Beban sih nggak ya. Intinya, di setiap laga kami harus bisa membawa Semen Padang meraih hasil bagus,” jelasnya.

Perkiraan Pemain

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (gk); 2-Novan Sasongko, 23-Hansamu Yama, 5-Otavio Dutra, 14-Ruben Sanadi (c); 88-M. Alwi Slamat, 28-Aryn Williams, 12-Rendi Irwan; 41-Irfan Jaya, 7-David da Silva, 90-Diogo Campos
Pelatih: Aji Santoso

Semen Padang (4-2-3-1): 12-Teja Paku Alam (gk); 15-Leo Guntara, 27-Dedi Gusmawan, 55-M. Rifqi, 26-Roni Rosadi; 19-Manda Cingi, 4-Yu Hyun-koo; 10-Dedi Hartono, 87-Flavio Beck, 78-Mariando Uropmabin; 9-Vanderley Francisco
Pelatih: Eduardo Almeida

Stadion: Batakan, Balikpapan
Live: Indosiar pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads