alexametrics
Liga 1 2019

Satgas Kesulitan Bukti Pengaturan Skor Kalteng Putra versus Persela

28 Oktober 2019, 12:14:13 WIB

JawaPos.com – Pengungkapan pengaturan skor dalam sepak bola Indonesia tidak pernah mudah. Itulah yang terjadi dalam kasus Kalteng Putra versus Persela Lamongan. Satgas Antimafia Bola mengalami kesulitan mendapatkan barang bukti yang kuat. Meski begitu, pemeriksaan masih berjalan hingga pukul 11.00 waktu setempat.

Setelah mendapatkan laporan, Satgas Antimafia Bola dengan backup dari Resmob Ditreskrimum Polda Kalteng, dini hari kemarin, sekitar pukul 03.00 waktu setempat, polisi menangkap dan menggeledah beberapa perangkat pertandingan di Hotel Fovere, Palangka Raya.

Setelah itu, dilakukan pemeriksaan kepada sembilan orang yang ditahan. ”Kami benarkan, tadi malam memang mengamankan. Adanya terduga mafia bola,” kata Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan dalam konferensi pers tadi pagi.

Dia menjelaskan, ada laporan yang mereka terima agar dilakukan pengawasan kepada wasit yang memimpin pertandingan. ”Juga ada laporan pemain sepak bola yang gajinya tertunggak dua bulan. Atas dasar itu kami bergerak. Kami lakukan tindakan mengamankan, apakah itu benar atau tidak,” kata Kombes Pol Hendra Rochmawan.

Namun, satgas mengalami kesulitan untuk mendapatkan barang bukti. ”Tetap berpegangan kepada praduga tak bersalah, sampai sekarang tidak terbukti adanya mafia bola,” lanjutnya.

Meski begitu, tetap ada pemeriksaan lebih lanjut. ”Saat ini memang masih ada proses pemeriksaan. Kami mengamankan. Ini bukan OTT (operasi tangkap tangan),” jelasnya. ”Baik terbukti atau tidak terbukti, wajib kami selesaikan secara tuntas secara administrasi,” ujar Kombes Pol Hendra Rochmawan.

Berdasarkan informasi yang didapat Jawa Pos, tiga orang dari manajemen Kalteng Putra juga belum dilepas. Masih dalam proses pemeriksaan. Namun, belum ada keterangan resmi yang disampaikan manajemen Kalteng Putra terkait dengan kasus yang membelit mereka ini.

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads