alexametrics
Liga 1 2019

Osvaldo Haay Sembuh Lebih Cepat Berkat Terapi Pasir Laut Dipanaskan

28 Oktober 2019, 17:25:02 WIB

JawaPos.com – Opsi winger Persebaya Surabaya bertambah. Sebab, Osvaldo Haay telah pulih dari cedera. Pemain 22 tahun itu bahkan sudah mampu melahap seluruh menu latihan di lapangan Polda Jatim kemarin sore.

Sebelumnya, dia menepi dua pekan. Mantan pemain Persipura Jayapura itu mengalami cedera ACL di lutut kanan. Tim dokter bahkan sempat memprediksi dia harus menepi selama tiga bulan. Tapi, Osvaldo ternyata sembuh lebih cepat. ”Kondisi saya sudah 100 persen. Kalau dipercaya, saya siap turun melawan PSS Sleman (29/10),” kata Osvaldo.

Persebaya Surabaya

Lantas, apa yang membuat dia bisa cepat pulih? Ternyata, pemain kelahiran 1 Mei 1997 itu melakukan terapi tradisional. Selama cedera, Osvaldo pulang ke Jayapura. Dia berada di sana dua pekan. Nah, selama itulah terapi dilakukan. ”Setiap hari lutut saya diberi pasir laut yang sudah dipanasi. Itu pengobatan tradisional di sana (Jayapura, Red),” tambah Osvaldo.

Itu bukan kali pertama Osvaldo melakukan terapi tersebut. Hasilnya terbukti cukup ampuh. Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal bahkan tak ragu untuk menurunkan Osvaldo dalam laga kontra PSS (29/10). ”Dia sudah ikut latihan dengan baik. Tapi, sudah dua pekan dia tidak berlatih. Jadi, mungkin dia bisa memulai laga dari bangku cadangan,” kata pelatih 51 tahun itu.

Kans Osvaldo untuk tampil sebagai starter terbuka lebar. Sebab, dalam latihan kemarin, Oktafianus ”Ofan” Fernando mengalami gangguan di bagian paha. Meski gangguan itu tidak terlalu parah, Pikal belum sepenuhnya tahu kondisi Ofan. Kondisi serupa dialami bek Abu Rizal Maulana. Dia salah menumpu saat mendarat. Akibatnya, dia sempat mendapat perawatan. ”Masih ada 24 jam sebelum official training dan pertandingan. Semoga keduanya masih bisa main,” kata pelatih berdarah Austria itu.

Ofan dan Abu Rizal selalu jadi pilihan utama sebagai starter. Kalaupun mereka absen, posisi Abu Rizal bisa diisi Novan Sasongko. Sementara itu, posisi Ofan bisa digantikan oleh Osvaldo. Lagi pula, Novan maupun Osvaldo punya statistik yang cukup apik. Novan sudah tampil dalam 12 laga. Dia mencatatkan 23 intersep dan 36 sapuan. Sementara itu, Osvaldo sudah mencetak 5 gol dari 17 laga.

Pikal berharap siapa pun yang diturunkan bisa tampil all-out. ”Sebab, kami main di kandang. Pemain harus habis-habisan untuk Persebaya,” tegas mantan asisten pelatih timnas itu. Apalagi, PSS datang dengan modal menterang. Super Elang Jawa –julukan PSS– tak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya. Tim itu meraih 2 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Kondisi itu jelas berbanding terbalik dengan Persebaya. Green Force –julukan Persebaya– belum meraih kemenangan dalam lima laga pemungkas. Karena itu, Pikal tak mau tren buruk berlanjut saat menjamu PSS Sleman. ”Pemain harus buktikan di lapangan dengan kemauan (menang, Red) yang sangat besar,” tegas Pikal. Osvaldo siap melakukannya. ”Kami pasti bekerja keras. Tapi, soal hasil, tidak ada yang tahu,” tambahnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads