alexametrics
Liga 3 2019

Tiga Kali Sidang Tunggakan Gaji, Tiga Kali Manajemen Persegres Mangkir

28 Agustus 2019, 15:00:07 WIB

JawaPos.com – Manajemen Persegres Gresik United sangat tidak kooperatif dalam kasus tunggakan gaji pemain di Liga 1 musim 2017. Buktinya, mereka sama sekali tidak hadir dalam tiga kali sidang yang sudah digelar.

Meski manajemen Persegres kembali absen, sidang ketiga di Pengadilan Hubungan Industrial Gresik kemarin pagi tetap dilanjutkan. Sidang dipimpin majelis hakim Silvya Terry. Dalam sidang itu, pemain Persegres yang diwakili Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) menyerahkan 33 salinan surat kontrak pemain. Itu menjadi bukti pembayaran gaji yang mandek. ’’Bukti-bukti yang kami terima sudah sesuai,” kata Sylvia.

Sidang akan dilanjutkan pada 10 September. Kuasa hukum APPI Aprianto Hutomo menjelaskan, putusan tak akan dibuat dalam waktu dekat. ’’Karena sidang berikutnya masih untuk pembuktian,” jelasnya. Tapi, jika mereka terus mangkir, bisa saja pihak pengadil melakukan putusan verstek. Yakni, memberikan putusan tanpa kehadiran pihak tergugat.

Selalu mangkirnya manajemen Persegres membuat mantan pemain David Faristian kesal. ’’Padahal, kami ingin segera ada putusan dari majelis hakim,” katanya. Total, ada Rp 458 juta tunggakan yang harus dibayar kepada 22 pemain Persegres. Yang mana, Rp 49 juta di antaranya adalah gaji milik David. ’’Itu gaji saya dua bulan. Nilai itu cukup besar karena pemasukan tidak ada, tapi kebutuhan terus jalan,” terangnya.

Parahnya, bukan hanya gaji musim 2017 yang tertunggak. Gaji pemain saat Persegres berlaga di Liga 2 musim lalu juga belum beres. David tak menampik hal itu. Tapi, dia ingin fokus menuntaskan gaji musim 2017 dulu. Setelah itu, dia akan mengejar gaji tertunggak musim 2018.

Sikap manajemen itu juga membuat Ultras –julukan fans Persegres– geram. Penasihat Ultras Mulyadi menilai, manajemen sama sekali tidak serius menyelesaikan persoalan tersebut. ’’Kami harap manajemen datang. Kasih penjelasan dan tanggung jawab,” katanya. Menurut dia, tunggakan gaji pemain tak hanya memalukan manajemen itu sendiri. ’’Tapi menyangkut nama Gresik juga. Kami berharap cepat selesai,” ujarnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads